Siapa Bob Hasan? Disebut JK Sebagai Pemilik Tanah yang Dibeli Prabowo
Bob Hasan - Siapa Bob Hasan? Disebut JK Sebagai Pemilik Tanah Sebelum Prabowo (Instagram@emilianovanv)
10:56
12 Januari 2024

Siapa Bob Hasan? Disebut JK Sebagai Pemilik Tanah yang Dibeli Prabowo

Siapa Bob Hasan? Pertanyaan ini muncul usai Jusuf Kala (JK) mengungkapkan bahwa tanah yang saat ini dikuasai Prabowo adalah hasil pembelian dari PT Kiani Lestari, yakni sebuah pabrik kertas milik Bob Hasan tahun 2004 lalu.

Sebelumnya diberitakan, dalam debat cepat keempat pada Minggu (7/1/2024), Anies sempat menyinggung tentang lahan ribuah hektar yang saat ini dikuasai oleh Prabowo adalah lahan pemberian.

Mendengar pernyataan Anies yang demikian, JK pun meluruskan bahwa lahan milik Prabowo itu bukan lahan pemberian, melainkan lahan yang dibeli sendiri oleh Prabowo. Lahan tersebut dibeli dengan harga US$150 juta.

Seiring dengan ramainya perbincangan tentang lahan ribuan hektar Bob Hasan yang saat ini miliki Prabowo, mungkin ada yang belum tahun siapa Bob Hasan. Nah bagi yang penasaran dengan sosoknya, simak berikut ini profilnya.

Profil Bob Hasan

Bob Hasan atau yang memiliki nama asli The Kian Seng ini lahir pada 24 Februari 1931 di Semarang. Bob Hasan dikenal sebagai pengusaha gigih dan sukses. Ia tercatat pernah jadi pemimpin beberapa perusahaan di bidang industri kayu dan perhutanan.

Adapun beberapa perusahaan yang pernah ia pimpin yaitu PT Kalimanis Plywood, PT Pasopati Holding Company, PT Wasesa Lines, PT Karana Shipping Lines, PT, Lifetime Assembly of Watch and Electrical Equipment, PT Hutan Nusantara, hingga PT McDermott Indonesia.

Pada akhir masa Orde Baru, pria yang dijuluki 'Raja Hutan' ini diangkat jadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia oleh Presiden Soeharto. Namun, Ia tak lama menjabat sebagai Menteri karena pada Mei 1998, Soeharto menyerahkan kekuasaannya pada BJ Habibie.

Bicara mengenai Soeharti, Bob Hasan ini dikenal akrab dengan keluarga Cendana, keluarga Presiden Soeharto. Kedekatan Bob Hasan dan keluarga Soeharto berawal saat Soeharto menjabat Panglima Kodam Diponegoro periode 1957 - 1959.

Sejak itu, Soeharto dan Bob Hasan menjadi kawan karib. Keduanya kedapatan sering pergi bareng main golf. Sampai akhirnya, Bob Hasan pun jadi salah satu orang kepercayaan Soeharto dan keluarganya.

Pada tahun 2020,  Bob Hasan menghembuskan nafas terakhirnya usai menjalani pengobatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Bob Hasan tercatat meninggal di usianya yang ke 89 tahun.

Demikian ulasan mengenai siapa Bob Hasan, sosok pengusaha baru-baru ini turut jadi perbincangan publik terkait lahan milik Prabowo yang disinggung Anies dalam debat Capres kemarin.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #siapa #hasan #disebut #sebagai #pemilik #tanah #yang #dibeli #prabowo

KOMENTAR