Mengenal Sosok Ambar Dwi Klaudiya, Ajudan Cantik Selvi Ananda yang Bikin Salah Folus
Serda Ambar, paspampres cantik yang bikin salah fokus di GBK. (Facebook/Yulius Riyantoko)
12:11
24 Pebruari 2024

Mengenal Sosok Ambar Dwi Klaudiya, Ajudan Cantik Selvi Ananda yang Bikin Salah Folus

Sebagai seorang menantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Selvi Ananda kerap dikawal oleh ajudan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu, ketika mengikuti kegiatan bersama Gibran Rakabuming, tampak banyak Paspampres yang ikut mengawal demi keamanannya.

Namun, di antara ajudan Selvi Ananda, terdapat sosok yang justru menjadi perhatian. Sosok tersebut merupakan Sersan dua (Serda) Ambar Dwi Klaudiyah. Sosok menjadi sorotan usai videonya yang tengah mengawal Selvi Ananda viral.

Terlihat Ambar Dwi Klaudiyah yang membawa payung dan membantu Selvi Ananda kala itu. Namun, siapa sebenarnya sosok dari Ambar Dwi Klaudiyah itu? Berikut profil dari Ambar Dwi Klaudiyah.

Ajudan Selvi Ananda (TikTok)Ajudan Selvi Ananda (TikTok)

Profil Ambar Dwi Klaudiyah

Nama Ambar Dwi Klaudiyah sendiri sebenarnya sudah viral saat dirinya mengawal Jokowi ketika menjalankan salat Idul Adha di Bogor beberapa tahun lalu. Ambar Dwi Klaudiyah sendiri diketahui berasal dari sosok yang sederhana. Ia memiliki ayah seorang pemulung yang mengumpulkan barang bekas. Sementara ibunya, merupakan penjual sayur.

Sebelum menjadi anggota TNI, Ambar Dwi Klaudiyah sempat menempuh pendidikan di Universita Muhammadiyah Sidoarjo jurusan Akuntansi. Dikatakan, ia memiliki cita-cita sebagai polisi wanita (polwan).

Ia pernah mencoba untuk mengikuti tes masuk Polwan. Namun, saat mengikuti tes, Ambar Dwi Klaudiyah gagal. Tidak menyerah, membuat Ambar Dwi Klaudiyah mencoba peruntungan lainnya. Pada 2015, ia mengikuti tes dan diterima di TNI AL. Setelah diterima, ia rela meninggalkan kuliahnya itu.

Sebelum menjadi Paspampres, Ambar Dwi Klaudiyah sempat ditugaskan di bagian kesehatan TNI AL RM Martadinata. Setelah itu, ia mengikuti pembekalan selama 1,5 tahun, Ambar Dwi Klaudiyah. Dari pembekalan itu, ia berhasil lulus dan memenuhi standarisasi.

Hal ini yang membuatnya menjadi anggota Paspampres grup A yang mengawal presiden sejak 2018. Bekerja sebagai Paspampres juga tidak mudah. Ambar Dwi Klaudiyah merasa lebih berat mengawal presiden. Apalagi, ia juga harus mempelajari ilmu bela diri dan cekatan.

Namun, seiring perjalannya ia semakin terbiasa. Hal ini juga terlihat dari momen Ambar Dwi Klaudiyah ketika mengawal Jokowi hingga Selvi Ananda.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #mengenal #sosok #ambar #klaudiya #ajudan #cantik #selvi #ananda #yang #bikin #salah #folus

KOMENTAR