5 Dampak Trauma Masa Lalu yang Dapat Mempengaruhi Hubungan Anda Saat Ini
Ilustrasi seseorang yang memiliki trauma di masa lalu. (Pexels)
18:16
22 Oktober 2024

5 Dampak Trauma Masa Lalu yang Dapat Mempengaruhi Hubungan Anda Saat Ini

Masa lalu adalah sebuah pengalaman hidup yang tidak akan pernah kita lupakan, terutama pengalaman hubungan romantis. Kita mungkin mengalami masa-masa sulit dalam hubungan di masa lalu, seperti putus cinta, konflik, atau ditinggalkan.

Kita mungkin mengira dapat mengenal seseorang hanya dengan bertemu sekali, dua kali, dan bahkan lebih. Namun, kita tidak dapat mengetahui rahasia, trauma, dan kenangan buruk mereka di masa lalu.

Bahkan jika kita telah mengetahui masa lalu kelam seseorang, akan sangat sulit bagi kita untuk benar-benar memahaminya secara mendalam, sebesar apapun empati yang kita miliki.

Trauma masa lalu secara tidak sadar akan dapat mempengaruhi hubungan kita saat ini. Respon kita untuk mengembangkan kedalaman emosional dan fisik, dapat dipengaruhi oleh kenangan masa lalu kita.

Tidak mudah untuk melepaskan trauma masa lalu, tetapi dengan bantuan dan perhatian pasangan yang penuh kasih sayang dapat mengalahkan trauma masa lalu yang kita miliki.

Dilansir dari Times of India, ada lima dampak yang ditimbulkan akibat dari trauma masa lalu pada hubungan kita saat ini.

1. Pemicu emosional

Ketika seseorang mengalami kejadian traumatis di masa lalu, hal itu akan dapat berdampak signifikan pada hubungan mereka saat ini. Jika pasangan kita mengalami situasi, kata-kata, atau tindakan tertentu yang dapat mengingatkan mereka pada trauma masa lalu.

Hal itu dapat memicu respon emosional yang mendalam. Selanjutnya dapat menciptakan jarak dalam hubungan, kesalahpahaman, kurang komunikasi, dan konflik. Pada akhirnya dapat membuat hubungan kita dengan pasangan semakin renggang.

2. Trust issue

Sangat sulit bagi seseorang untuk mempercayai pasangannya jika mereka pernah mengalami pengalaman traumatis di masa lalu. Pengalaman traumatis dapat menimbulkan masalah kepercayaan dalam hubungan.

Pasangan kita mungkin kesulitan mempercayai kita. Hal ini dapat menimbulkan kecurigaan atau ketakutan akan penghianatan, serta kesenjangan dalam komunikasi.

Dengan membuka diri dan menjadi rentan secara emosional, itu mungkin dapat menjadi tantangan bagi pasangan kita karena pengalaman masa lalu yang merusak kepercayaan mereka, sehingga merasa trauma untuk percaya dengan seseorang.

3. Kurangnya keintiman dalam hubungan

Mungkin sulit bagi beberapa orang untuk memiliki keintiman dalam hubungan mereka, jika trauma mereka terkait dengan pasangan yang kasar secara fisik maupun emosional.

Mereka mungkin takut untuk menciptakan ikatan emosional dengan pasangan mereka saat ini, dan banyak yang mereka hindari seperti kontak fisik dengan pasangan mereka. Trauma ini menimbulkan kurangnya kedalaman hubungan karena ada trauma mendalam dari masa lalu.

4. Hambatan komunikasi

Ketika seseorang mengalami peristiwa traumatis di masa lalu, hal itu dapat membuat mereka benar-benar merasa rentan dan menjauh dari pasangan mereka. Jika pasangan kita telah melalui pengalaman yang traumatis di masa lalu.

Kita mungkin akan merasakan hambatan dalam berkomunikasi dengan pasangan kita. Pasangan kita mungkin tidak suka mengekspresikannya secara emosional karena mereka mungkin secara tidak sadar takut bahwa orang lain dapat memanfaatkannya.

5. Menghindari keterikatan dalam hubungan

Korban dari pengalaman traumatis di masa lalu seringkali menghindari keterikatan baik dalam hubungan yang mendalam maupun emosional. Mereka selalu menghindari keterikatan dengan pasangannya untuk melindungi perasaan dan harga diri mereka.

Mereka seringkali menetapkan batasan yang berelebihan untuk menjaga agar masa lalu mereka tidak terulang kembali. Hal ini membuat hubungan menjadi tidak mendalam secara emosional karena tidak ada keterikatan dalam hubungan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #dampak #trauma #masa #lalu #yang #dapat #mempengaruhi #hubungan #anda #saat

KOMENTAR