Ketahui 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Food Preparation, Serta Cara Menyimpannya dengan Benar
Ilustrasi food preparation./(freepik.com/freepik)
10:02
20 Oktober 2024

Ketahui 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Food Preparation, Serta Cara Menyimpannya dengan Benar

Perkembangan zaman semakin maju sehingga banyak cara ditemukan untuk mempersiapkan bahan makanan untuk beberapa waktu ke depan, hal tersebut disebut dengan food preparation.

Melansir dari laman Sehat Aqua, food preparation ini bisa membantu ibu rumah tangga agar lebih praktis dalam memasak, terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Oleh karena itu, ketahui 4 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari food preparation, diantaranya adalah :

1. Menghemat Biaya Makan

Umumnya, food preparation dilakukan dengan membeli dan menyiapkan bahan masakan dalam jumlah banyak untuk periode waktu tertentu.

Apabila bahan makanan tersebut telah siap untuk beberapa waktu ke depan, kamu jadi lebih memilih untuk masak makanan sendiri di rumah.

Dengan begitu, kecenderungan untuk membeli makanan siap saji di luar yang lebih mahal akan menurun karena sudah merasa sudah terpenuhi di rumah dan sayang jika tidak dimakan.

2. Mengontrol Berat Badan

Penerapan food preparation yang optimal akan membantu kamu untuk mengontrol berat badan. Pasalnya, kegiatan ini dilakukan dengan merencanakan menu makanan untuk beberapa hari ke depan.

Maka dari itu, kamu juga dapat memperkirakan asupan kalori tubuh melalui menu yang telah direncanakan tersebut, alih-alih membelinya diluar yang belum jelas kadar kaloinya serta kebersihannya.

3. Membantu Tubuh Mendapatkan Gizi Seimbang

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan membuat rencana menu makanan yang sesuai pedoman gizi seimbang, seperti memerhatikan kandungan protein, lemak, karbohidrat, dan kandungan lainnya.

4. Memangkas Waktu Masak

Memangkas waktu masak dalam food preparation adalah salah satu manfaat yang akan dirasakan oleh kamu, khususnya para ibu rumah tangga. Mulai dari bumbu hingga bahan masakan sudah disiapkan sebelumnya, jadi kamu hanya perlu meraciknya sesuai dengan resep yang ada.

Melansir dari laman Eat Now, perhatikan cara menyimpannya dengan benar karena semua bahan tidak bisa disimpan di kulkas atau harus dibersihkan terlebih dulu, simak selengkapnya :

Pertama, jangan cuci daging karena tidak semua daging mentah harus dicuci dulu sebelum disimpan. Mencuci daging sebelum menyimpannya dalam kulkas hanya menyebabkan bakteri dari daging yang menyebar ke bak cuci dan peralatan dapur.

Namun berbeda jika kamu berniat untuk membalurkan bumbu ungkep atau marinasi ke daging tersebut, tentu harus dicuci dulu sebelum disimpan dalam kulkas.

Kedua, simpan seafood di kulkas dan cuci bersih terlebih dulu. Untuk bahan basah seperti makanan laut ini sebaiknya disimpan berdasarkan porsi sekali masak saja, agar bahan tidak keluar masuk lemari es.

Ketiga, siapkan bumbu halus untuk menghemat waktu memasak. Siapkan tiga bumbu dasar yaitu bumbu merah, bumbu putih, dan bumbu kuning yang nantinya dapat disesuaikan lagi dengan jenis masakan.

Lebih mudahnya lagi jika sudah tahu menu makanan yang akan dimasak, jadi bisa langsung membuatnya seperti olahan rendang, gulai, dan ikan goreng.

Keempat, tidak semua bahan bisa disimpan di kulkas seperti bahan kering (mie, pasta, tepung, gula, dan garam), umbi-umbian, buah mangga, pisang, jeruk, dan sayuran seperti wortel, buncis, brokoli, serta kembang kol.

Kelima, jangan menyimpan bahan makanan dicampur dalam satu wadah karena akan menyebabkan kontaminasi bakteri sehingga akan mudah rusak atau membusuk.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ketahui #manfaat #yang #bisa #kamu #dapatkan #dari #food #preparation #serta #cara #menyimpannya #dengan #benar

KOMENTAR