Tips Perawatan Rambut Alami dan Efektif: Tingkatkan Kesehatan Rambut dengan Manfaat Minyak Kelapa
Ilustrasi minyak kelapa (freepik.com)
07:14
17 Februari 2024

Tips Perawatan Rambut Alami dan Efektif: Tingkatkan Kesehatan Rambut dengan Manfaat Minyak Kelapa

 

 

- Rambut merupakan salah satu aset yang berharga dalam penampilan seseorang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rambut menjadi hal yang penting.

Salah satu cara alami yang telah dikenal sejak zaman dahulu untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan minyak kelapa.

Dilansir dari eatingwell.com, Sabtu (17/2), minyak kelapa terkenal dengan kandungan lemaknya yang tinggi. 

Selain itu, minyak kelapa juga populer dan sangat serbaguna, karena dapat digunakan dalam segala hal mulai dari tumisan hingga kue selai kacang dan perawatan rambut.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya pada rambut, yang memberikan banyak manfaat luar biasa.

Oleh karena itu, berikut 8 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang harus diketahui.

  1. Memperbaiki Rambut Bercabang

Menggunakan minyak kelapa untuk rambut dapat membantu menyembuhkan ujung rambut bercabang dan juga membantu mencegahnya terjadi.

Saat rambut kering dan rapuh, kemungkinan besar akan akan terjadi kerusakan pada ujung-ujung rambut, mulai patah dan terbelah, dari situlah istilah ‘ujung rambut bercabang’ berasal.

  1. Membuat Rambut Berkilau dan Halus

Sumber lemak utama minyak kelapa, yaitu asam laurat, yang akan membuat rambut berkilau dan memberikan sentuhan halus dan lembut. 

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki vitamin dan asam lemak lain untuk membantu rambut terlihat dan terasa sehat, serta menghilangkan penumpukan sebum.

  1. Melawan Ketombe

Tidak hanya menghidrasi dan memperbaiki rambut, minyak kelapa juga dapat mengurangi munculnya ketombe. 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan, serta dapat membantu memperbaiki pelindung kulit.

  1. Memperkuat Kutikula

Minyak kelapa sangat bagus untuk kesehatan rambut, yang secara keseluruhan karena dapat menyembuhkan rambut rusak dengan melembutkan, menghidrasi, dan memperkuat helai rambut yang rapuh dan patah. 

Minyak kelapa juga dapat memperkuat kutikula rambut, yang akan membantu melindungi rambut dari polusi atau racun di udara dan menjaganya tetap sehat. 

  1. Memanjangkan Rambut

Banyak orang ingin memiliki rambut panjang, halus, dan berkilau. Namun, kerusakan rambut sehari-hari yang disebabkan oleh penataan, perawatan, cuaca, dan polutan dapat merusaknya.

Hal ini dapat mempersulit pertumbuhan rambut yang lebih panjang, karena rambut Anda akan menjadi semakin rusak dan lelah seiring berjalannya waktu. 

Oleh karena itu, penggunaan minyak kelapa disarankan untuk membantu menjaga dan memanjangkan rambut. 

  1. Pencegahan Kutu

Melalui penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa ketika minyak kelapa dikombinasikan dengan adas, efektif dalam mengobati kutu rambut dibandingkan bahan kimia lainnya. 

  1. Melindungi dari Sinar Matahari

Penggunaan minyak kelapa dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, bahwa minyak kelapa memiliki faktor perlindungan matahari sebesar, jadi mengoleskannya pada rambut, akan memberikan manfaat sebagai pelindung. 

  1. Pencegahan Rambut Rontok

Minyak kelapa dapat membantu menjaga kondisi rambut Anda tetap baik dan mencegahnya.

Khususnya, pada rambut yang mendapat perawatan berlebihan, yang dapat merusak batang rambut, sehingga keadaan ekstrim dapat menyebabkan rambut rontok

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #perawatan #rambut #alamidan #efektif #tingkatkan #kesehatan #rambut #dengan #manfaat #minyak #kelapa

KOMENTAR