Komeng Dipastikan Melenggang ke Senayan, Ternyata Ini 2 Sosok di Balik Pencalonannya
Komeng ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (16/2/2024) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
14:00
16 Pebruari 2024

Komeng Dipastikan Melenggang ke Senayan, Ternyata Ini 2 Sosok di Balik Pencalonannya

Pencalonan komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng menjadi anggota DPD RI dapil Jawa Barat pada Pemilu 2024 masih menjadi perbincangan. Pasalnya, Komeng memasang foto nyeleneh di surat suara hingga membuat para pemilih salah fokus.

Rupanya foto nyeleneh Komeng itu berhasil memikat para pemilih. Hasil hitung cepat sementara yang dipublikasikan melalui pemilu2024.kpu.go.id menunjukkan bahwa Komeng menemati posisi calon DPD RI dengan suara tertinggi di Jawa Barat. Komeng memperoleh hampir 800.000 suara.

Komeng juga mengucapkan terima kasih kepada warga Jawa Barat yang telah memilihnya pada Pemilu yang diselenggaran Rabu (14/2/2024). 

"Terimakasih buat semuanyah yg udah nyoblos sayah hari ini. Lumayan ini awak jadi barolong. Mari kita buat sistem pemerintahan menjadi lebih lawak," tulis Komeng di akun X @komeng pada Rabu, 14 Februari 2024 kemarin.

Pencalonan Komeng ini ternyata tidak jauh dari dua sosok orang terdekatnya. Siapa mereka?

Sosok di Balik Pencalonan Komeng

Komeng mengaku bahwa dirinya dicalonkan oleh dua sahabatnya yang juga pelawak sekaligus politisi, yaitu Oni SOS dan Dedi Gumelar atau Miing.

"Iya kemarin dicalonin ama Oni, ama Dedi. Dedi Gumilar. Ya udah kedaftar, ya udah maju aja (jadi caleg DPD)," ungkap Komeng saat ditemui di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan pada Kamis (15/6/2023) kemarin.

Komeng juga mengungkap bahwa dua sosok ini banyak membantunya untuk mengumpulkan KTP warga yang terdaftar sebagai pendukungnya.

"Saya di Jawa Barat diminta kumpulin kalo gak salah lima ribu KTP. Tiap wilayah memang beda jumlahnya, cuma kebetulan di Jawa Barat besar jadi saya kumpulin segitu banyak. Saya dibantu para Korwil PaSKi di Jawa Barat, alhamdulillah kekumpul delapan ribu KTP," lanjutnya.

Sosok Oni SOS dan Dedi Gumelar sendiri cukup dikenal di dunia komedi Indonesia. Keduanya merupakan sahabat serta rekan kerja Komeng selama berkarier di dunia komedi. Keduanya banting setir ke dunia politik dan menjadi anggota legislatif.

Lalu, bagaimana dua sosok pelawak sekaligus politisi bisa mendorong Komeng agar mencalonkan diri sebagai caleg DPD RI? Simak inilah selengkapnya.

Sebelum berita soal Komeng yang baru diketahui masyarakat luas mencalonkan diri sebagai caleg DPD RI, Komeng sendiri pernah menyebut bahwa ia diajak pelawak Oni SOS dan Miing untuk mendaftar jadi caleg di pemilu 2024.

Iya, saya disuruh nyaleg DPD tanpa partai. Yang daftarin tuh noh, Mas Miing (Dedi Gumelar) sama Oni, Oni SOS yang dulu satu grup lawak sama Sule,” ungkap Komeng di salah satu wawancaranya di stasiun televisi beberapa waktu yang lalu.

Ia pun menceritakan awal Oni dan Miing mengajak dirinya mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Sebelumnya, Oni SOS atau bernama asli Oni Suwarman ini sudah menjadi anggota DPD RI dapil Jawa Barat periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Sementara itu, Dedi Gumelar atau Miing pernah terpilih sebagai anggota DPR RI dari dapil Banten I pada periode 2009 - 2014 dan sempat gagal masuk sebagai anggota DPR RI periode 2019- 2024 lalu melalui PAN.

“Waktu itu, PASKI Jawa Barat, saya ketuanya. Kita lagi ada agenda kumpul kumpul ama pelawak lain di Jawa Barat. Waktu itu ada Mas Miing sama Oni dateng acara kumpul bersama itu. Mas Miing ngajakin saya buat nyaleg, Oni juga ngajakin. Waktu itu Oni bilang mau nyaleg lagi periode yang ketiga, Mas Miing bilang sama saya dia capek nyaleg lewat partai, dia mau coba DPD, ungkap Komeng. 

Komeng pun mengiyakan ajakan dua rekannya tersebut. Namun, Komeng sempat ragu untuk melanjutkan pencalonannya karena dua rekannya tersebut ternyata memilih untuk bergabung ke partai.

Pelawak yang terkenal dengan slogan "Uhuy" ini pun memutuskan untuk tetap melanjutkan pendaftaran calegnya karena tinggal menunggu daftar calon tetap. 

Berbeda dengan caleg lainnya, Komeng memilih untuk tidak berkampanye secara luas dan menggunakan baliho baliho selayaknya caleg lain.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #komeng #dipastikan #melenggang #senayan #ternyata #sosok #balik #pencalonannya

KOMENTAR