Prabowo Subianto Menang Pemilu Versi Quick Count, Bolehkah Presiden RI Tidak Punya Istri?
Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto bergoyang dalam acara Mengawal Suara Rakyat di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
09:39
15 Februari 2024

Prabowo Subianto Menang Pemilu Versi Quick Count, Bolehkah Presiden RI Tidak Punya Istri?

Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto belum dipastikan bakal rujuk setelah resmi bercerai 25 tahun lalu. Pertanyaanya, bolehkah presiden tidak punya istri?

Menang pemilu 2024 berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat, pendukung sudah mulai mengelukan Titiek Soeharto sebagai ibu negara alias first lady Indonesia. Namun Titiek pernah membantah wacana rujuk yang kerap jadi perbincangan.

"Enggak usah ke rujuk, kita nih hubungannya baik, tidak pernah ada perselisihan atau apa, enggak seperti yang ada di infotainment kalau ada orang bercerai ribut-ribut," kata Titiek Soeharto seperti dikutip dari akun TikTok @hansipsen.

Dari pernyataan ini, hasil banyak yang menduga Indonesia akan dipimpin presiden yang tidak memiliki istri. Bahkan tidak ada sosok ibu negara yang biasanya mendampingi presiden di berbagai acara kenegaraan.

Namun dari hasil analisis jurnal ilmiah karya Ida Bagus Gede Putra dan Putu Tuni Cakabawa, Fakultas Hukum Universitas Udayana dikutip suara.com, Kamis (15/2/2024) menyebutkan apabila seorang presiden tidak memiliki istri, maka itu menjadi hak presiden untuk menentukan siapa yang menjadi ibu negara.

Ini karena hubungan antara presiden dengan ibu negara tidak terikat secara konstitusi atau kenegaraan, selaiknya hubungan kerja antara presiden dan wakil presiden yang harus saling bantu dan bekerjasama.

Namun tidak bisa menampik keberadaan ibu negara juga dianggap penting saat mendampingi presiden dalam acara negara. Apalagi dari masa ke masa di Indonesia sudah jadi hal lazim presiden didampingi seorang istri yang menjadi ibu negara.

Meski peran ibu negara sempat tersirat dalam Keppres 141 tahun 1999 dan Peraturan Presiden 97 tahun 2007. Tapi semua aturan tersebut tidak bersifat mengikat dan dijelaskan secara jelas maupun terperinci.

Bedanya, selama Indonesia berdiri seluruh presiden yang menjabat dari mulai Soekarno hingga Joko Widodo selalu memiliki istri yang dijadikan ibu negara.

Sekedar informasi, meski sudah bercerai pada 1998, Titiek Soeharto dan Prabowo Subianto menikah pada 8 Mei 1983 dan dikaruniai seorang anak lelaki, yakni Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau yang akrab disapa Didit Prabowo.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #prabowo #subianto #menang #pemilu #versi #quick #count #bolehkah #presiden #tidak #punya #istri

KOMENTAR