Gramedia Gelar Kompetisi Sains Khusus Pelajar SD Berhadiah Jutaan Rupiah
Gramedia Science Day 2024 di Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan. 
17:50
18 Oktober 2024

Gramedia Gelar Kompetisi Sains Khusus Pelajar SD Berhadiah Jutaan Rupiah

- Dengan semangat mengembangkan minat sains anak Indonesia, Gramedia kembali menggelar Danamon x Gramedia Science Day 2024. 

Danamon x Gramedia Science Day 2024 hadir untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan eksperimen sains untuk para ilmuwan muda.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, Danamon x Gramedia Science Day 2024 yang dilaksanakan di Medan diikuti lebih dari 700 peserta. 

Acara ini bertujuan memperkuat semangat Gramedia untuk mengembangkan minat sains anak Indonesia. 

Semangat tersebut diwujudkan dengan diadakannya Danamon x Gramedia Science Day 2024 di Jakarta.

Dengan mengusung tema “Gaya dan Tekanan”, kompetisi ini didukung oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) untuk memberikan wadah bagi para siswa siswi memperluas pemahaman dalam bidang sains. 

Pilot, Youvit, Chameleon, Eversac, Piknik, Kukiko, Imoo, Club, Ichi Ocha, Mensa Internasional dan RS Carolus juga turut berpartisipasi dalam Danamon x Gramedia Science Day 2024.


Dilaksanakan pada Sabtu(12/10/2024) di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, kompetisi ini juga dihadiri lebih dari 700 peserta dari berbagai daerah. 

Kegiatan yang menitikberatkan pada kreativitas dalam eksperimen sains ini diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan intelektual anak.

Kompetisi Danamon x Gramedia Science Day 2024 ini diperuntukkan untuk siswa kelas 4-6 Sekolah Dasar. 

Setiap perlombaan dinilai oleh juri-juri yang sangat kompeten dalam berbagai bidang sains, yaitu Dr.rer.nat. Agustina Dwi Retno Nurcahyanti, S.Si., M.Si., M.Sc, Dr. Sekar Wulan Prasetyaningtyas, S.Si., M.Pd., CPHRM serta Niki Prastomo. 

Dengan demikian, penilaian dalam kompetisi ini pun akan dinilai secara objektif dan terpercaya.
 
“Kami sangat bangga bisa mewadahi perkembangan minat sains para ilmuwan muda melalui Danamon x Gramedia Science Day 2024," ungkap Yola Putryanie S, Finance & Asset Management Director Gramedia,  pada opening Danamon x Gramedia Science Day 2024 di Jakarta Selatan, Sabtu (12/10/2024). 

"Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat terus menginspirasi anak-anak Indonesia untuk terus mengeksplorasi, berinovasi, dan mengembangkan potensi mereka di bidang sains," lanjut Yola. 

Selain itu, pihak ya berharap kompetisi dapat menjadi ajang yang tepat untuk membentuk generasi penerus bangsa.

Sehingga mampu membawa perubahan positif dan berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Sejalan dengan yang disampaikan pihak Gramedia, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Andreas Kurniawan turut mendukung penuh terkait kegiatan ini. 

"Kami akan terus mendukung rangkaian acara Danamon x Gramedia Science Day di kota-kota lainnya, guna mendukung semangat kreativitas dan inovasi sains anak di seluruh Indonesia," kata Andreas. 

Dukungan ini sejalan dengan fokus Danamon pada ekosistem pendidikan.

Terutama dari segi literasi keuangan bagi anak, perencanaan pendidikan anak untuk para orang tua, dan digitalisasi sistem keuangan sekolah.

Sebagai informasi, Danamon x Gramedia Science Day merupakan kompetisi sains yang telah hadir sejak tahun 2016 dan telah diikuti oleh ratusan peserta sekolah dasar dari berbagai daerah. 

Danamon x Gramedia Science Day mencerminkan upaya Gramedia dalam mengembangkan minat dan potensi diri anak-anak Indonesia di bidang sains melalui kompetisi yang menarik.

Tidak hanya kompetisi sains, Danamon x Gramedia Science Day 2024 juga menghadirkan berbagai rangkaian acara menarik lainnya.

Seperti acara talkshow terkait parenting, financial literacy, dan robotic exhibition. 

Tidak kalah serunya, hadir pula Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo, sebagai peraih medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional, juga turut meramaikan kompetisi ini.

Selain mendapatkan keseruan dan pengalaman berharga bereksperimen di bidang sains, para peserta Danamon x Gramedia Science Day 2024 juga berkesempatan untuk memperebutkan berbagai hadiah menarik.

Seperti hadiah jutaan rupiah, merchandise eksklusif, plakat, dan medali yang sudah menanti para juara.

Pemenang Gramedia Science Day 2024

Setelah kompetisi yang cukup panjang, di dapatkanlah juara Gramedia Science Day 2024 Jakarta. 

Juara satu dimenangkan Juniardy Hariyanto dan Laurencia Sivney Wijaya dari SD Strada Pejompongan, Jakarta.

Juara dua dimenangkan oleh Grisson Orville Yang dan Ferdinand Edbert Hong dari Mentari Intercultural School Grand Surya.

Dan juara tiga dimenangkan oleh Sofia Putri Diandra Sakhia dan Mochammad Haidar Abhirama Fariza dari SD Avicenna Jagakarsa, Jakarta.

Tidak hanya juara satu, dua, dan tiga, Gramedia Science Day 2024 juga memiliki juara harapan satu yang dimenangkan oleh Abraham Sal Budihardjo dan Sean Orlando Yusuf dari SDI Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta.

Juara harapan dua dimenangkan oleh Alma Alvina Ardian dari Al-Azhar BSD dan Carissa Rahma Zakiyah dari Al-Wildan Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Sementara itu, juara harapan tiga dimenangkan oleh Tavisha Cinta Adiella dan Shaquila Lovinia Sahid dari SD Budi Luhur Karang Tengah, Tangerang. 

Selain itu, Gramedia Science Day 2024 mengakui kehebatan peserta sebagai juara favorit. 

Juara favorit pertama dimenangkan oleh Gendhis Biyanna Hanggara dan Muhammad Ghazi Alistair Madjid dari PKBM Sekolah Murid Merdeka. 

Juara favorit kedua dimenangkan oleh Zakiyya Ramadhani Nugroho dan Kenzo Abqary Ichifabiozen dari SD Avicenna Jagakarsa, Jakarta. 

Harapannya Gramedia Science Day 2024 dapat membangkitkan motivasi anak muda untuk terus mengembangkan pengetahuan di bidang sains.

Sehingga bisa menciptakan inovasi-inovasi baru di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Editor: willy Widianto

Tag:  #gramedia #gelar #kompetisi #sains #khusus #pelajar #berhadiah #jutaan #rupiah

KOMENTAR