Dialami Ayu Ting Ting, Ini 8 Tips Memperkenalkan Calon Ayah Baru kepada Anak
Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardana Akhirnya Go Public. (Instagram/ayutingting92)
10:32
13 Februari 2024

Dialami Ayu Ting Ting, Ini 8 Tips Memperkenalkan Calon Ayah Baru kepada Anak

Ayu Ting Ting diketahui akan menikah dengan Lettu Muhammad Fardana. Itu artinya, dalam waktu dekat, Fardana akan segera menjadi ayah sambung bagi Bilqis Khumairah Razak.

Bilqis sendiri disebut belum pernah bertemu langsung dengan ayah kandungnya, Enji Baskoro. Namun, meski tak memiliki kenangan dengan ayah kandung, tentu saja bukan hal yang mudah untuk menerima calon ayah baru.

Lalu, bagaimana sebaiknya memperkenalkan calon ayah baru kepada anak, seperti halnya Ayu Ting Ting harus memperkenalkan calon suaminya itu kepada Bilqis?

Berikut 8 tips memperkenalkan kekasih kepada anak yang bisa dicoba, melansir dari Divorce, Selasa (13/2/2024).

1. Biarkan anak beradaptasi

Jika ingin hubungan kekasih dan anak bisa terhubung dengan cepat, maka solusinya bersabarlah, karena anak butuh menyesuaikan diri dengan situasi baru. Dan sebaiknya, jangan berekspektasi terlalu tinggi, ya.

2. Bertemu sebelum menikah

Mempertemukan anak dengan kekasih sebelum akhirnya menikah dan hidup bersama sangatlah penting. Dengan begitu, anak punya waktu untuk beradaptasi dengan calon orang tua sambungnya.

3. Jelaskan situasinya

Sebelum memperkenalkan kekasih, sebaiknya jelaskan dulu hubungan baru ini kepada anak. Hal ini bertujuan supaya anak merasa nyaman saat bertemu dengan calon orang tua sambungnya. Jangan lupa mintalah pendapatnya terkait kemungkinan apabila ada orang tua baru dalam hidup anak.

4. Siap menghadapi reaksi apapun

Reaksi anak-anak terhadap informasi mengenai calon orang tua sambung cenderung berbeda-beda, bergantung pada karakter dan suasana hati mereka saat itu. Sebagai orang tua, Anda harus siap dengan reaksi apapun, dan cobalah untuk tidak menanggapi reaksi anak dengan berlebihan.

5. Pastikan kasih sayang tetap utuh

Anak mungkin akan merasa terancam dengan kehadiran orang baru, lantaran berpikir dirinya akan kehilangan kasih sayang orang tuanya. Nah, pastikan anak tidak berpikir seperti itu dengan memberinya jaminan kasih sayang terhadapnya tetap utuh.

6. Biarkan anak menghabiskan waktu bersama calon orang tua sambung

Berikan kesempatan kepada anak menghabiskan waktu bersama dengan calon orang tua sambungnya tanpa kehadiran Anda. Ini memungkinkan mereka untuk membangun hubungan sendiri tanpa tekanan.

7. Tetap mendukung anak

Berikan dukungan ekstra pada anak saat mereka menyesuaikan diri dengan perubahan di dalam keluarga. Pastikan mereka merasa didengar, dihargai, dan dicintai tanpa memandang perubahan yang terjadi.

8. Sabar dan memahami anak

Ingatlah bahwa setiap anak bereaksi secara berbeda terhadap situasi ini. Bersabarlah dan berikan waktu kepada mereka untuk menyesuaikan diri. Terimalah semua perasaan dan reaksi mereka, dan berikan mereka dukungan sesuai kebutuhan.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #dialami #ting #ting #tips #memperkenalkan #calon #ayah #baru #kepada #anak

KOMENTAR