Tafsir Mimpi Menurut Primbon Jawa: Ketahui Makna dan Arti Mimpi Anda di Sini!
Ilustrasi perempuan sedang tidur. (Getty Images/Luis Alvarez)
12:40
11 Februari 2024

Tafsir Mimpi Menurut Primbon Jawa: Ketahui Makna dan Arti Mimpi Anda di Sini!

– Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan emosi, perasaan, pikiran, penglihatan, pendengaran, dan indra lainnya yang terjadi pada saat kita sedang tidur. Bagi sebagian orang, mimpi seringkali dianggap sebagai bunga tidur sehingga kadang diabaikan begitu saja. 

Namun bagi sebagian orang lainnya, mimpi dianggap sebagai pertanda, firasat, atau isyarat akan datangnya suatu kejadian, sehingga mimpi harus ditafsirkan atau diartikan maknanya. Salah satu sistem tafsir mimpi yang cukup populer di Indonesia adalah primbon jawa

Primbon jawa adalah sistem ramalan yang didasarkan pada perhitungan weton jawa, yaitu gabungan dari hari dan pasaran kelahiran seseorang, dilansir dari primbon.com, Minggu (11/2).

Primbon jawa digunakan untuk mengetahui sifat, karakter, nasib, jodoh, rejeki, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan manusia. 

Primbon jawa juga mengandung berbagai macam ilmu, seperti ilmu mimpi, ilmu tarot, ilmu feng shui, dan lain-lain. Primbon jawa adalah warisan budaya tradisional dari masyarakat Jawa di Indonesia. Menurut primbon jawa, mimpi dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Mimpi yang berkaitan dengan masa lalu dan masa sekarang

Disini mimpi dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa sebelum tidur. Misalnya, jika saat tidur seseorang sedang menahan buang air kecil, maka bisa saja ia akan bermimpi berada ditengah banjir, dan akhirnya akan buang air kecil saat tertidur.

2. Mimpi yang berkaitan dengan masa depan 

Dalam hal ini, mimpi dimaknai membawa pesan tentang peristiwa yang akan terjadi. Disini mimpi dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Oraculum, adalah mimpi kenabian atau mimpi yang membawa pesan dari Tuhan.

  • Visio, adalah mimpi yang meramalkan peristiwa yang akan terjadi dimasa depan.

  • Somnium, adalah mimpi simbolis yang sebaiknya ditafsirkan atau diartikan maknanya secara hati-hati.

Untuk menafsirkan mimpi menurut primbon jawa, kita perlu mengetahui makna dari simbol-simbol yang muncul dalam mimpi. Simbol-simbol tersebut bisa berupa benda, hewan, tumbuhan, orang, tempat, warna, angka, dan lain-lain. 

Setiap simbol memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada konteks dan situasi dalam mimpi. Berikut ini adalah beberapa contoh tafsir mimpi menurut primbon jawa:

- Mimpi melihat bulan purnama, artinya akan ada keberuntungan besar.

- Mimpi berkelahi atau bertengkar dengan seseorang dan kalah, artinya akan mendapat malu. Jagalah diri baik-baik dan peliharalah hubungan dengan sesama.

- Mimpi berjalan di jalanan atau jembatan berbatu, artinya akan selamat.

- Mimpi bersetubuh dengan bidadari, artinya akan dikaruniai anak dalam pernikahan.

- Mimpi memegang merpati, artinya akan mendapat suatu kabar atau berita.

- Mimpi melihat burung kuntul, artinya akan salah dalam berbicara. Pastikan Anda memperhitungkan apa yang akan Anda katakan kepada orang lain.

- Mimpi membeli rumah, artinya akan mendapatkan berkah dari Allah.

Itulah artikel tentang tafsir mimpi menurut primbon jawa. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tafsir #mimpi #menurut #primbon #jawa #ketahui #makna #arti #mimpi #anda #sini

KOMENTAR