Iwan Fals Pilih Netral Jelang Pilpres, Sikapnya Tuai Kritik Warganet
Konser Iwan Fals bertajuk ''Bertalu Rindu Cinta'' yang digelar di Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022), sukses dihadiri ribuan penggemar. [ANTARA]
19:20
9 Pebruari 2024

Iwan Fals Pilih Netral Jelang Pilpres, Sikapnya Tuai Kritik Warganet

Musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals memilih untuk bersikap netral menjelang Pilpres 2024. Ia tak ikut-ikutan mengkampanyekan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden seperti kebanyakan musisi lain.

Melalui akun media sosial X-nya, Iwan Fals tampak mengunggah sebuah pengumuman yang ditulis oleh manajemennya, Tiga Rambu. Disebutkan bila pemilik nama asli Virgiawan Listanto itu memegang prinsip netral.

"Tiga Rambu sebagai Manajemen Iwan Fals memberitahukan bahwa sampai saat ini Iwan Fals tetap memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024. Iwan Fals tidak terkait dan tidak terikat dengan partai politik maupun pasangan calon (paslon) manapun," pengumuman dari manajemen Iwan Fals, dikutip Jumat (9/2/2024).

Dalam pengumuman tersebut juga ditegaskan jika sejumlah konser yang digelar oleh Iwan Fals tidak ada yang ada yang ditunggangi untuk kebutuhan politik termasuk kampanye.

"Pertunjukan-pertunjukan Iwan Fals selalu menitikberatkan secara tertulis dalam kontrak kerja sama untuk tidak berkaitan atau tidak digunakan untuk kebutuhan politik, termasuk untuk kepentingan kampanye. Demikian semoga pengumuman ini bisa dipahami dan memberi kejelasan kepada yang membutuhkan," lanjutnya.

Sikap netral yang diambil oleh Iwan Fals ini tentu saja menuai sorotan publik. Beragam respons pro dan kontra dilontarkan oleh warganet kepada pelantun lagu Aku Bukan Pilihan tersebut.

"Cara aman agar para pendukung/OI tidak terpecah-pecah oleh hajatan 5 tahun sekali," komentar netizen.

"Masih terikat kontrak dengan Jokowi 10 tahun? 2014 sampai Oktober 2024?" timpal netizen lain.

"Seniman kok netral. Konsepnya kepiye Wan?" imbuh yang lain.

"Enak banget hidupnya, Bang. Enggak mau kontribusi untuk perbaikan atau pun menjadikannya lebih baik keadaan bangsa kita. Dikasih hak konstitusi untuk memihak malah nolak. Lihat tuh yang dapat hak malah mau memihak," ujar lainnya.

"Banyak lagu Iwan Fals mengkritik orba pada zamannya namun sekarang ada yang meniru orba, Iwan Fals netral?" komentar netizen lainnya lagi.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #iwan #fals #pilih #netral #jelang #pilpres #sikapnya #tuai #kritik #warganet

KOMENTAR