Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Menyambut Perayaan Imlek 2024
Penjualan pernak-pernik imlek yang dijual di kawasan kawasan Glodok, Jakarta. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
21:52
8 Februari 2024

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Menyambut Perayaan Imlek 2024


- Perayaan Imlek tahun ini akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2024 mendatang. Menariknya, Imlek di tahun ini memiliki shio Naga Kayu yang jarang terjadi karena memiliki siklus 60 tahunan.

Dilansir dari South China Morning Post, dalam budaya Tionghoa, naga memiliki simbolisme penting dan dihormati. Ini mewakili kualitas positif seperti kekuatan, kekuatan, keberuntungan, dan kebijaksanaan. Naga dianggap sebagai makhluk surgawi dan ilahi, dengan kemampuan mengendalikan unsur-unsur alam seperti angin dan air.

Tahun Naga diharapkan membawa peluang yang baik dan kemajuan menarik bagi semua. Mereka yang lahir dengan shio Naga diyakini akan memiliki pemikiran inovatif, punya rasa ingin tahu, dan sering kali berkembang dalam karir profesional mereka.

Bagi yang merayakan tradisi Imlek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tahun baru menjadi lebih bermakna dan mendatangkan banyak manfaat. 

  Berikut ulasan singkatnya:

1. Kenakan Pakaian Warna Merah

Merayakan Imlek dianjurkan menggunakan pakaian baru dengan warna merah, bukan warna putih. Karena warna putih dianggap melambangkan kematian. Oleh sebab itu, sebaiknya menghindari memberikan bunga putih di momen Imlek kepada keluarga, saudara, sahabat ataupun teman relasi.

2. Amplop Merah

Perayaan Imlek biasanya terasa lebih berwarna dengan adanya pemberian angpau.Amplop yang digunakan saat pemberian angpau ke anak atau keluarga sebaiknya menggunakana amplop warna merah. Di Tiongkok, angpau yang diberikan biasanya berusaha menghindari nominal yang ada angka empat di akhir. Karena 'empat', dalam bahasa Mandarin, terdengar sangat mirip dengan istilah kematian.

3. Jangan Potong atau Cuci Rambut

Potonglah dan cuci rambut Anda sekitar satu minggu sebelum Tahun Baru Imlek. Hindari melakukannya pada hari H untuk menghindari merusak keberuntungan Anda. Hal yang sama berlaku pada gunting dan pisau, jangan pernah menggunakannya.

4. Hindari Menggunakan Sapu

Untuk menghindari tersapunya keberuntungan, sebaiknya Anda membersihkan rumah terlebih dahulu, bukan pada Hari Tahun Baru Imlek.

5. Buka Jendela

Pada hari-hari sebelum Tahun Baru Imlek, sebaiknya rajin membuka jendela. Keluarkan nasib buruk dan masukkan nasib baik.

6. Makan Makanan Membawa Keberuntungan

Selama Tahun Baru Imlek, makanan yang membawa keberuntungan dikonsumsi antara lain pangsit (melambangkan kekayaan), mie (melambangkan umur panjang), ikan (melambangkan kelimpahan), dan buah-buahan seperti jeruk, tangelo, dan pomelo.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #beberapa #penting #yang #perlu #diperhatikan #menyambut #perayaan #imlek #2024

KOMENTAR