4 Pendakwah Termahal Indonesia, Ustaz Solmed Heboh dengan Tarif Miliaran
Kontroversi Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)
18:34
10 Januari 2024

4 Pendakwah Termahal Indonesia, Ustaz Solmed Heboh dengan Tarif Miliaran

Tarif ceramah Ustaz Solmed kembali menjadi sorotan buntut dari pamer rumah mewah di Bogor. Besaran honor suami dari April Jasmine tersebut juga turut dibanding-bandingkan dengan pendakwah kondang lainnya, seperti Mamah Dedeh.

Untuk diketahui, besaran tarif ceramah Ustaz Solmed sempat bocor pada tahun 2013 silam. Saat itu, Ustaz Solmed diketahui mendapatkan undangan untuk ceramah di Hongkong.

Ustaz Solmed dan pihak panitia awalnya diketahui sudah sepakat dengan bayaran sebesar 6 ribu Dollar Hongkong atau setara dengan Rp 8 juta.

Dari awal memang dia tidak minta bayaran, tapi seikhlasnya. Akhirnya pihak panitia sepakat akan memberi 6 ribu Dollar Hongkong,” ujar Khalifah, pemimpin majelis Thoriqul Jannah.

Meski demikian, Ustaz Solmed mendadak berubah pikiran dengan menarifkan tarif sampai Rp 19,8 miliar.

Di samping menaikan tarif, suami dari April Jasmine tersebut juga meminta empat tiket pesawat yang mulanya sepakat dua tiket pesawat.

Lantas, seperti apakah daftar Ustaz termahal di Indonesia? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Daftar Ustaz Termahal

1. Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad, pria kelahiran 18 Mei 1977 ini merupakan pendakwah kondang yang wajahnya sering malang melintang di layar televisi.

Tak hanya di televisi, ia juga mempunyai kanal YouTube yang bisa menghasilkan US$586 atau setara dengan Rp 8,2 juta hingga US$9.400 atau setara dengan Rp 132,3 juta perbulannya.

2. Hanan Attaki

Selanjutnya, ada Ustaz Hanan Attaki. Pria yang lahir pada tanggal 31 Desember 1981 di Aceh ini merupakan seorang pendakwah Indonesia yang menyampaikan ceramah yang dekat dengan keseharian dan gaya anak muda.

Hanan Attaki merupakan pendiri gerakan pemuda Hijrah yang aktif berdakwah di komunitas pemuda seperti anak punk, geng motor, skateboard, sepeda BMX, parkour, dan berbagai komunitas hobi lainnya.

Melansir dari website Social Blade, pendapatan yang bisa didapatkan oleh Hanan Attaki dari ceramah daringnya di YouTube sekitar US$443 hingga US$7.100 yang apabila dirupiahkan sekitar Rp 6,2 juta hingga Rp 99,9 juta per bulan.

3. Aa Gym

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan sosok Aa Gym. Pria yang lahir pada tanggal 29 Januari 1962 di Kota Bandung, Jawa Barat tersebut merupakan pendakwah.

Tak hanya itu, Aa Gym juga berprofesi sebagai penulis buku, pengusaha sekaligus pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung.

Meskipun sempat menghebohkan publik dengan melakukan poligami, Aa Gym dinobatkan menjadi penceramah favorit banyak orang.

Sudah bergabung sejak tahun 2016, Aa Gym diperkirakan mendapatkan penghasilan dari YouTube sekitar US$283 atau setara Rp 4 juta hingga US$4.500 atau setara dengan Rp 63,3 juta per bulan, berdasarkan data dari website Social Blade.

4. Mamah Dedeh

Besaran tarif ceramah Mamah Dedeh juga pernah terungkap pada tahun 2013 lal. Tarif ceramah Mamah Dedeh diungkap oleh Jajang, seorang mahasiswa program doktor di Boston University pada tahun 2013 dengan akun Twitter @jajang_jahroni.

Menurut Jajang, honor satu kali ceramah pemilik nama asli Dedeh Rosidah Syarifudin adalah sebesar Rp 40 juta.

Beberapa tarif Mamah Dedeh untuk sekali ceramah? 40 juta, Uje 25 juta, Ustaz Maulana 25 juta,” tutur Jajang.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #pendakwah #termahal #indonesia #ustaz #solmed #heboh #dengan #tarif #miliaran

KOMENTAR