7 Tips Mencegah Terjadinya Penuaan Dini, Solusi Terlihat Awet Muda Meski Usia Sudah Dewasa
Ilustrasi kulit sehat Idol Korea./(Instagram/@lingshadow)
12:22
11 Oktober 2024

7 Tips Mencegah Terjadinya Penuaan Dini, Solusi Terlihat Awet Muda Meski Usia Sudah Dewasa

Orang yang terlihat lebih tua (dewasa) dari usianya disebut dengan istilah premature aging (penuaan dini).

Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami perubahan fisik yang tidak sesuai dengan usia sebenarnya.

Berdasarkan informasi yang kutip pada laman my.clevelandclinic.org, premature aging juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu seperti sindrom bloom, cockayne tipe I dan III, progeria Hutchinson-Gilford, displasia mandibuloacral dengan lipodistrofi tipe A, rothmund-Thomson, seip, serta werner.

Selain itu, banyak hal lain bisa menjadi faktor penyebabnya, misalnya karena kebiasaan buruk setiap hari, meliputi: paparan sinar matahari, kualitas tidur kurang akibat begadang, merokok, pola makan yang tidak sehat, bahkan stres.

Kandungan nikotin dalam rokok dapat memecah kolagen dan elastisitas kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur, keriput, dan terlihat cekung.

Kondisi lain seperti stres oksidatif juga tidak bisa dihindari akibat paparan asap rokok. Masalah kulit yang disebabkan oleh asap rokok diantaranya, yaitu kulit kering, dan garis halus.

Penuaan dini tidak hanya berdampak pada kulit wajah, biasanya kondisi ini juga mempengaruhi kepercayaan diri perempuan. Bahkan, tidak jarang ada yang sengaja menarik diri untuk bertemu teman sebaya karena terlihat lebih tua dari lainnya.

Sebelum premature aging terjadi, kita harus melakukan pencegahan sejak usia dini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terlihat lebih muda. Memiliki kulit yang sehat, cerah dan awet muda tentu menjadi impian semua perempuan.

Dilansir pada laman halodoc.com, berikut cara mencegah terjadinya penuan dini:

Rutin menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas, ulangi pemakaian selama 2 hingga 3 jam sekali. Tabir surya yang digunakan setidaknya harus mengandung SPF 30 atau lebih

Pastikan melakukan double cleansing setelah memakai riasan wajah, dan mencuci muka dua kali sehari

Regenerasi kulit terjadi apabila kita memiliki kualitas tidur yang baik, setidaknya tubuh butuh beristirahat setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari

Pola makan sehat dengan menghindari mengkonsumsi makanan cepat saji, tinggi gula, dan berminyak

Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 sampai 3 liter perhari

Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari

Berhenti merokok

Perbanyaklah makan buah dan sayur, selain baik untuk tubuh juga berkhasiat menyehatkan kulit. Agar mendapat hasil yang lebih maksimal, jangan lupa menggunakan rangkaian produk perawatan wajah (skincare).

 

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #mencegah #terjadinya #penuaan #dini #solusi #terlihat #awet #muda #meski #usia #sudah #dewasa

KOMENTAR