Daftar Makanan Kaya Kolagen: Protein yang Baik untuk Kulit dan Rambut, Mulai Ayam sampai Bawang Putih
Potret ayam rebus. (Foto: SOS Cuisine)
15:22
10 Oktober 2024

Daftar Makanan Kaya Kolagen: Protein yang Baik untuk Kulit dan Rambut, Mulai Ayam sampai Bawang Putih

 

– Saat ini banyak sekali ditemui produk-produk kecantikan dan makanan yang memiliki branding kaya akan kolagen. Minuman dan suplemen kolagen menjadi perbincangan hangat, karena para selebritis dan influencer menggembar-gemborkan manfaat ajaibnya untuk kulit, rambut, dan kuku.

Karena kolagen dalam tubuh kita memberikan dukungan penting bagi jaringan ini, tampaknya masuk akal jika mengonsumsi kolagen dapat menghasilkan rambut yang lebat dan wajah yang berseri. Meskipun begitu, adakah makanan asli atau real food yang memiliki kandungan kolagen tinggi?

Melansir dari Harvard Health Publishing pada Kamis (10/10), kolagen merupakan protein struktural utama dalam jaringan tubuh kita. Kolagen ditemukan di kulit, rambut, kuku, tendon, tulang rawan, dan tulang.

Kolagen bekerja dengan zat lain, seperti asam hialuronat dan elastin, untuk menjaga elastisitas, volume, dan kelembapan kulit. Kolagen juga membantu membentuk protein seperti keratin yang membentuk kulit, rambut, dan kuku.

Pada dasarnya tubuh kita secara alami memproduksi kolagen menggunakan asam amino dari makanan yang kaya protein atau makanan yang kaya kolagen yang kita konsumsi. Namun, penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, merokok, dan konsumsi alkohol semuanya menurunkan produksi kolagen.

Beberapa manfaat yang ditemukan dalam kolagen bagi tubuh adalah kolagen berperan dalam memperkuat kulit, menghidrasi, dan memberikan efek elastis. Kemudian kolagen dapat meredakan nyeri sendi, keropos tulang, dan meningkatkan massa otot. Selain itu, kolagen juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat rambut dan kuku.

Melansir Healthline, berikut daftar makanan (real food) yang mengandung kolagen tinggi.

1. Ayam

Inilah alasan mengapa banyak sekali ditemui suplemen kolagen yang berbahan dasar ayam, karena ayam memiliki kadar kolagen yang cukup tinggi. Jika Anda pernah memotong ayam utuh, Anda mungkin menyadari betapa banyak jaringan ikat yang dikandung unggas. Jaringan ini menjadikan ayam sebagai sumber yang kaya akan kolagen makanan.

Kandungan kolagen bervariasi di seluruh bagian ayam. Misalnya, daging paha mengandung lebih banyak kolagen daripada daging dada.

2. Ikan

Seperti hewan lainnya, ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim bahwa kolagen laut adalah salah satu yang paling mudah diserap. Menurut tinjauan studi tahun 2023, bentuk kolagen ini mungkin lebih banyak tersedia secara hayati dan sangat membantu untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

Namun, meskipun sandwich tuna saat makan siang atau salmon saat makan malam dapat menambah asupan kolagen Anda, ketahuilah bahwa daging ikan mengandung lebih sedikit kolagen dibandingkan bagian lain (yang kurang diminati), seperti kepala, sisik, atau bola mata ikan.

3. Putih telur

Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya, putih telur memiliki jumlah yang relatif tinggi. Ini adalah salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

4. Buah jeruk

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor kolagen tubuh. Ini berarti dapat membantu sintesis kolagen.

Buah jeruk seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis penuh dengan nutrisi ini. Cobalah jeruk bali panggang untuk sarapan, tambahkan potongan jeruk ke dalam salad, atau tumis paprika kuning dalam tumisan.

5. Buah beri

Meskipun jeruk cenderung mendapatkan semua kemuliaan karena kandungan vitamin C-nya, buah beri adalah sumber lain yang sangat baik. Stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry semuanya mengandung nutrisi yang tinggi.

6. Bawang putih

Bawang putih dapat menambahkan lebih dari sekadar rasa pada tumisan dan hidangan pasta Anda. Bawang putih juga dapat meningkatkan produksi kolagen Anda. Bawang putih mengandung sulfur yang tinggi, yang merupakan mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #daftar #makanan #kaya #kolagen #protein #yang #baik #untuk #kulit #rambut #mulai #ayam #sampai #bawang #putih

KOMENTAR