Mengenal 12 Tanda Pocketing Relationship yang Terjadi pada Hubungan, Ketahui juga Dampaknya
Ilustrasi hubungan mengalami pocketing relationship (freepik)
12:52
10 Oktober 2024

Mengenal 12 Tanda Pocketing Relationship yang Terjadi pada Hubungan, Ketahui juga Dampaknya

Pocketing merupakan istilah baru yang muncul dari kebiasaan di media sosial, di mana seringkali menyimpan media sosial dan kehidupan pribadi.

Apabila seseorang tidak membagikan hubungan atau pasangan mereka di media sosial, itu tandanya mereka sedang berada dalam hubungan tersebut.

Dengan kata lain, mereka menyembunyikan pasangan dan hubungan mereka dari publik. Istilah lain yang sering muncul adalah hubungan yang penuh rahasia, di mana mungkin akan merugikan.

Hal ini menunjukkan bahwa pasanganmu dengan sengaja memilih untuk menyembunyikanmu dari orang-orang terdekatnya.

Melansir marriage.com, berikut ini berbagai dampak dan tanda pocketing relationship terjadi pada hubunganmu.

Dampak Pocketing Relationship

Adapun dampak-dampak yang terjadi jika hubungan dengan pasangan mengalami pocketing relationship, yakni:

1. Peningkatan jarak emosional

Ketika satu pasangan terus-menerus disembunyikan dari aspek penting dalam hidup pasangannya, hal ini bisa menimbulkan rasa tidak aman dan keraguan tentang posisi mereka dalam hubungan.

2. Masalah kepercayaan muncul

Kepercayaan merupakan pondasi dalam setiap hubungan, dan menyimpan rahasia dapat merusaknya.

Jika pasangan merasa dirahasiakan, mereka mungkin mulai mempertanyakan alasan di baliknya.

3. Isolasi sosial terjadi

Dikucilkan dari pertemuan dengan teman dan keluarga atau tidak berpartisipasi dalam kegiatan sosial bisa membuat pasangan merasa terasing.

Rasa keterasingan ini mampu berdampak negatif pada kesehatan mental mereka, menurunkan rasa percaya diri, dan membuat mereka merasa tidak utuh dalam hubungan.

4. Kurangnya kemajuan dalam hubungan

Menyembunyikan pasangan seringkali mengakibatkan hubungan stagnan. Tanpa keterlibatan dalam kehidupan masing-masing yang lebih luas, hubungan kehilangan momen-momen penting yang biasanya dirayakan.

Momen-momen tersebut seperti hari jadi atau pencapaian pribadi. Ini bisa menghambat perkembangan hubungan menuju komitmen yang lebih serius, seperti pertunangan atau tinggal bersama.

5. Meningkatnya konflik dan frustasi

Saat pasangan yang terasing semakin menyadari pengucilan mereka, hal ini dapat menimbulkan pertengkaran dan frustasi yang meningkat.

Kurangnya kemajuan, ditambah dengan perasaan disembunyikan, dapat memicu konflik, sehingga menyulitkan penyelesaian masalah hubungan lainnya.

6. Munculnya kebencian

Seiring berjalannya waktu, pasangan yang terasing mungkin mulai menyimpan rasa dendam terhadap pasangannya karena tidak diakui di depan umum atau tidak dilibatkan dalam kehidupan mereka.

Rasa dendam ini dapat mengikis cinta dan kasih sayang, digantikan oleh kepahitan dan kemarahan yang sulit diperbaiki.

7. Potensi hubungan berakhir

Jika masalah dalam hubungan terus berlanjut tanpa solusi, hal ini bisa mencapai titik di mana pasangan merasa tidak ada masa depan.

Ini dapat mengarah pada perpisahan, terutama apabila masalah kepercayaan, isolasi, dan jarak emosional tidak ditangani dengan baik.

Tanda Pocketing Relationship Terjadi pada Hubungan

Berikut ini berbagai tanda hubunganmu tengah mengalami pocketing relationship, yaitu:

1. Tidak pernah mengunggah dirimu di media sosialnya

Apabila kamu menyadari bahwa pasangan sering menghindari mengunggah foto bersama, menyebut atau menyertakanmu dalam pembaruan media sosial, hal ini bisa menjadi sinyal bahwa mereka berupaya menyembunyikan hubungan denganmu dari publik.

2. Menghindari perkenalan

Salah satu tanda bahaya yang jelas adalah ketika pasangan terus-menerus mencari alasan agar tidak memperkenalkan kamu kepada teman-teman atau keluarganya.

Ini terasa menyakitkan, terutama apabila kamu diabaikan dalam momen-momen penting dalam hidupnya.

3. Mengubah rencana

Mereka mungkin sering membatalkan rencana di menit terakhir apabila tiba-tiba bertemu seseorang yang mereka kenal saat bersamamu.

Tindakan ini menunjukkan upaya mereka untuk tidak terlihat bersamamu, di mana situasi tersebut umum dalam hubungan yang disembunyikan.

4. Terlalu menjaga privasi

Pasanganmu mungkin terlalu merahasiakan aspek-aspek tertentu dalam hidup mereka, terutama yang melibatkanmu.

Kondisi tersebut bisa menandakan keinginan mereka dalam menjaga hubungan denganmu tetap rahasia.

5. Jalan-jalan yang aneh

Mereka mungkin hanya mau pergi bersamamu di waktu-waktu yang tidak tepat atau ke lokasi terpencil di mana kemungkinan bertemu kenalan sangat kecil, berusaha menciptakan suasana yang tidak mudah dikenali.

6. Tidak ada diskusi tentang masa depan

Pembicaraan mengenai rencana masa depan, seperti kehadiran bersama di pernikahan, kumpul keluarga, atau jalan-jalan bersama, tampaknya dihindari. Mereka bahkan sering beralih dari topik tersebut.

7. Lingkungan sosial yang terpisah

Mereka tampak kurang berupaya untuk menggabungkan teman dalam lingkup sosial mereka dengan temanmu, sehingga hubungan kalian tetap terpisah.

8. Selalu ada alasan

Setiap kali topik pertemuan dengan orang-orang terdekat muncul, mereka selalu mempunyai berbagai alasan guna menolak atau menjelaskan mengapa itu tidak bisa dilakukan saat ini, bahkan seringkali menyalahkan faktor luar.

9. Upaya sepihak

Kamu mungkin merasa bahwa dirimu menjadi satu-satunya yang menginginkan keseriusan dan komitmen yang lebih dalam hubungan. Sementara itu, pasanganmu tampak puas dengan keadaan yang santai dan tetap tersembunyi.

10. Merasa disembunyikan

Kamu merasa seperti bagian dari kehidupan mereka yang tidak harapkan supaya tampilkan secara terbuka, hampir seperti kamu merupakan suatu rahasia yang tidak mereka banggakan.

11. Pembagian yang tidak merata

Ketidakseimbangan dalam seberapa banyak informasi yang mereka miliki tentangmu dibandingkan dengan apa yang diketahui tentang mereka bisa menjadi pertanda, terutama jika mereka menghindari berbagi rincian pribadi terkait interaksi sosial mereka.

12. Ketidakpastian yang terus-menerus

Perasaan bingung tentang posisi, status hubungan, atau cara menjelaskan identitas satu sama lain dapat menjadi indikator kuat hubunganmu mengalami pocketing relationship.

Rasa ini bisa sangat membingungkan ketika pasangan mengeluarkanmu dari aspek-aspek penting dalam hidupnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengenal #tanda #pocketing #relationship #yang #terjadi #pada #hubungan #ketahui #juga #dampaknya

KOMENTAR