Alami Lesi Kulit Seperti Eksim? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobatinya
lesi kulit dapat menyebabkan bekas luka, tahi lalat, ruam, lecet. Sumber foto: Freepik
16:14
1 Februari 2024

Alami Lesi Kulit Seperti Eksim? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobatinya

- Lesi kulit merupakan tanda di area kulit yang tidak normal pada tubuh dan bisa berupa lecet, luka, ruam atau bisul.

Dilansir dari Health Shots, lesi kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi, eksim, atau tumor lainnya.

Meskipun beberapa lesi kulit mungkin tampak seperti bekas luka, lesi lain mungkin berupa bisul, gatal-gatal, dan lecet, hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai alasan seperti infeksi, tumor, eksim, atau penyebab lainnya, jelas dokter kulit Dr Sachith Abraham.

Ada banyak jenis infeksi, alergi, tumor dan eksim yang dapat menyebabkan lesi kulit. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Infeksi bakteri, virus, atau jamur

Contohnya antara lain bisul, impetigo, kutil, luka dingin, dan kurap, penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik, obat antivirus, atau obat antijamur.

2. Eksim, atau dermatitis

Ini adalah kondisi peradangan kulit dan sering kali disertai kemerahan, gatal, dan terbentuknya lepuh atau ruam, kortikosteroid topikal, dan antihistamin dapat digunakan untuk mengatasi gejala.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang ditandai dengan penumpukan sel kulit secara cepat, hal ini menyebabkan sisik tebal berwarna keperakan hingga bercak merah pada kulit, steroid topikal, fototerapi, dan pengobatan sistemik adalah pengobatan yang umum.

4. Reaksi alergi

Hal ini juga dapat menyebabkan lesi kulit, penderitanya mengalami gatal-gatal, kemerahan, dan terkadang melepuh, antihistamin dan steroid topikal dapat digunakan untuk meredakannya.

5. Tumor (jinak atau ganas)

Lesi kulit bisa bersifat jinak (non-kanker) atau ganas (kanker), berbagai contohnya antara lain tahi lalat, kista (jinak), atau kanker kulit (ganas), dapat diberi penanganan dengan operasi pengangkatan, kemoterapi, radiasi, atau imunoterapi, tergantung pada sifat tumornya.

6. Kondisi autoimun (Lupus)

Gangguan autoimun melibatkan sistem kekebalan yang menyerang sel-sel sehat, termasuk sel kulit. Gejalanya berupa lesi kulit, ruam, dan gejala sistemik, obat imunosupresif dan obat antiinflamasi biasanya diresepkan.

7. Kondisi keturunan

Kelainan genetik mempengaruhi kulit, seperti epidermolisis bulosa atau iktiosis, hal ini dapat menyebabkan perkembangan kulit yang tidak normal, melepuh, atau bersisik, pengobatan harus spesifik dan berbeda.

8. Variasi kulit normal

Lesi kulit tertentu dapat disebabkan oleh variasi penampilan kulit yang normal, contohnya adalah tanda lahir, bintik-bintik, atau tahi lalat, penanganannya dapat dipantau atau dilakukan pengangkatan karena alasan kosmetik atau medis.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #alami #lesi #kulit #seperti #eksim #penyebab #cara #mengobatinya

KOMENTAR