Pakai Makeup Saat Olahraga Agar Terlihat Good Looking, Perlukah?
Ilustrasi Pakai Makeup Saat Olahraga (Freepik/Lifestylememory)
11:10
1 Pebruari 2024

Pakai Makeup Saat Olahraga Agar Terlihat Good Looking, Perlukah?

Tak sedikit orang yang memandang penting penampilan saat berada di antara orang lainnya, termasuk saat berolahraga. Tak heran, agar tetap terlihat cantik atau good looking, beberapa orang memilih menggunakan riasan alias makeup saat olahraga.

Namun yang jadi pertanyaan, perlukah memakai makeup saat olahraga?

Dermatologis & co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, Dr. dr. Endi Novianto, SpKK(K), menjelaskan bahwa olahraga dengan mengenakan makeup sebenarnya bukanlah sebuah masalah. Hal ini karena beberapa orang ingin tetap terlihat good looking meski sedang berkeringat.

Namun, dr. Endi menyarankan untuk memilih makeup yang ringan. Pasalnya, jika makeup yang digunakan secara tebal, hal ini justru akan menutup pori-pori dalam tubuh.

“Sebenarnya kalau mau olahraga pakai makeup itu tujuannya kan supaya kelihatan bagus. Nah, cari makeup yang jangan terlalu berat, tapi agak ringan, sehingga nggak menyumbat pori-pori,” ucap dr. Endi saat diwawancarai dalam acara konferensi pers bersama ZAP, Selasa (30/1/2024).

Dengan memakai riasan yang ringan, maka keringat bisa keluar dari pori-pori dengan leluasa. Jika keringat tersumbat karena pori-pori tertutup riasan, hal ini justru berdampak tidak baik bagi kulit.

“Soalnya kita olahraga mau kan biar supaya berkeringat dan sebagainya, kalau nyumbat pori-pori justru malah nggak terlalu bagus. Jadi sebenarnya boleh tapi jangan berlebihan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Endi juga menyarankan seseorang untuk melakukan perawatan kulit dan wajahnya. Menurutnya, hal ini justru jauh lebih penting dibandingkan menutupi kulit dengan makeup. Pasalnya, jika memiliki kulit dan wajah yang sehat, seseorang tidak perlu berusaha menggunakan makeup saat agar terlihat good looking saat olahraga.

“Nah, masalahnya itu keringat itu kan cepat hilang, jadi kayak pakai jadi percuma. Paling bagus sih kulitnya dibikin sehat aja. Jadi nggak masalah mau pakai makeup atau enggak,” pungkasnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #pakai #makeup #saat #olahraga #agar #terlihat #good #looking #perlukah

KOMENTAR