Kamu Wajib Tahu! Berikut Bahaya yang Mengintai Pemilik Perut Buncit, Perlu Jaga Kesehatan
Ilustrasi bahaya yang mengintai pemilik perut buncit. (Freepik)
12:40
9 Oktober 2024

Kamu Wajib Tahu! Berikut Bahaya yang Mengintai Pemilik Perut Buncit, Perlu Jaga Kesehatan

 

 

 

JawaPos.com - Buncit merupakan istilah yang digunakan untuk bagian perut yang besar atau gendut. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak yang berada bagian perut.

Perut buncit biasa terjadi dikarenakan asupan makanan yang terlalu banyak hingga melebihi energi yang diperlukan dalam melakukan aktivitas fisik.

Perlu diketahui, terdapat dua jenis lemak yang menumpuk pada perut buncit. Mereka ialah lemak subkutan yang dapat terlihat dengan cara dicubit dan lemak viseral yang tidak terlihat karena berada di sekitar organ dalam tubuh.

Dikutip dari Healtline pada Rabu (9/10), lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat.

Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut.

Selain berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti penyakit jantung, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan.

Lantas, apa yang menyebabkan perut buncit?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perut buncit timbul disebabkan oleh asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. 

Apabila seseorang makan terlalu banyak, khususnya makanan yang tinggi gula dan kolesterol dan kurang berolahraga, orang tersebut akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut. 

Riwayat obesitas pada keluarga, kurang tidur, kebiasaan mengonsumsi alkohol, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. 

Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit.

Seberapa bahayanya perut buncit bagi kesehatan?

Bagi kamu yang memiliki perut buncit karena kebanyakan lemak, sebaiknya waspada karena kondisi ini meningkatkan risiko sejumlah penyakit yang berbahaya.

1. Peradangan dan Hormon

Kumpulan lemak pada tubuh mampu mengeluarkan senyawa peradangan (sitokin) dan hormon yang bisa mengganggu metabolisme tubuh. 

Sitokin bisa mengakibatkan peradangan di dalam tubuh dan meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung, stroke, dan hipertensi. 

Terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa sitokin bisa mengakibatkan kanker tertentu. 

Sedangkan lemak perut berhubungan dengan kanker usus besar, kanker pankreas dan kanker tenggorokan.

2. Menurunnya Produksi Kolesterol Baik

Bahaya yang mengintai perut buncit lainnya adalah menurunnya produksi kolesterol baik dan meningkatnya produksi kolesterol buruk, sehingga perut buncit mampu meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi.

3. Risiko Diabetes

Memiliki lemak berlebih dalam tubuh dapat mengurangi kinerja dan efektivitas insulin. Sehingga gula darah menjadi kurang terkontrol serta meningkatkan risiko penyakit diabetes.

4. Gangguan Pernapasan

Lemak berlebih pada tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan pernapasan. 

Tidak kalah mengerikan, lemak yang berlebihan pada tubuh mampu meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kamu #wajib #tahu #berikut #bahaya #yang #mengintai #pemilik #perut #buncit #perlu #jaga #kesehatan

KOMENTAR