Tips dan Cara Memandikan Kucing dengan Benar Menurut Anjuran Dokter Hewa
Ilustrasi memandikan kucing/sumber: freepik
13:28
30 Januari 2024

Tips dan Cara Memandikan Kucing dengan Benar Menurut Anjuran Dokter Hewa

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan, yang paling banyak diminati oleh berbagai orang di seluruh dunia.

Salah satu tanggung jawab dari memelihara hewan adalah, harus rutin melakukan perawatan terhadap hewan peliharaan masing-masing, tanpa terkecuali kucing.

Seperti yang kita tahu, kucing adalah salah satu hewan yang paling anti dengan air. Meski demikian, sebagai pemilik dari kucing tentu Anda harus tetap menjaga kebersihan hewan anabul satu ini.

Bisa dengan memandikannya secara mandiri di rumah, atau pergi salon khusus hewan. Tetapi siapa sangka, ternyata memandikan kucing bukanlah hanya sekedar memberi air dan sabun, untuk membersihkan kotoran dan kuman di tubuhnya.

Menurut Amy Flowers, DVM seorang dokter hewan di Apalachee River Animal Hospital, Amerika Serikat.

Ada beberapa tips dan langkah-langkah dalam memandikan kucing yang benar, agar kucing Anda tetap sehat dan terbebas dari kutu yang dilansir dari WebMD.

1. Potong kuku kaki terlebih dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memandikan kucing adalah, dengan memotong kuku atau cakarnya. Karena pada umumnya, kucing yang berada dalam mood kurang baik, bisa memberontak atau mencakar siapapun di dekatnya selama waktu mandi.

2. Menyisir bulu sebelum terkena air

Bulu kucing terkadang sering rontok. Maka, sebaiknya sisirlah bulunya terlebih dahulu, agar tidak rontok dan memenuhi air saat mandi. Anda juga bisa memasukkan bola kapas halus ke dalam telinganya, untuk mencegah air masuk ke telinga.

3. Mandikan kucing setelah selesai bermain

Sudah tidak umum lagi jika kucing tidak suka berada di dalam air. Maka, tak heran jika banyak kucing yang menolak untuk mandi. Oleh karena itu, jadwalkan mandi kucing ketika ia sudah lelah setelah bermain dalam waktu lama, atau saat ia merasa tenang.

4. Tarik perhatian

Kucing sangatlah mudah tertarik dengan sesuatu, Anda bisa menaruh handuk atau keset karet di dasar bak mandi atau lantai kamar mandi. Bisa disertai dengan beberapa mainan yang disukai, agar tidak membuatnya panik saat mandi.

Jika menggunakan bak mandi, tambahkan tiga hingga empat gayung air hangat ke dalamnya. Kemudian, masukkan kucing ke dalam bak.

5. Siram tubuhnya dengan air secara lembut

Awalnya, kucing tidak mudah untuk langsung masuk ke dalam air, kecuali jika mereka sudah terbiasa. Sebagai perkenalan, Anda bisa menggunakan penyemprot air atau gelas untuk membasahi tubuh kucing dengan air secara perlahan, sampai ia benar-benar basah dan mulai terbiasa dengan air.

6. Gunakan sampo/sabun khusus kucing

Saat memandikan kucing, pastikan menggunakan sampo/sabun khusus kucing. Karena bahan yang terkandung dalam sampo/sabun manusia, tidak aman jika terjilat oleh kucing dan bisa melukai kulit halus kucing Anda.

Mulailah memberi sampo dari leher disertai dengan pijatan lembut sampai ke ekor. Hindari penggunaan sampo pada area wajah, mata, dan telinga mereka.

7. Bilas hingga bersih

Setelah kucing selesai disabuni/disampo, Anda bisa mulai membilas tubuh hewan ini dengan air bersih dan hangat. Pastikan semua sabun/sampo hilang, karena jika ada busa yang tertinggal akan ada kemungkinan tertelan ketika mereka sedang membersihkan diri.

8. Bersihkah wajah

Bagian wajah kucing juga perlu dibersihkan, tapi jangan membersihkan menggunakan air atau sabun/sampo secara langsung. Gunakan waslap hangat untuk menyeka wajah kucing, berhati-hatilah ketika menyeka di area mata dan telinga, karena bagian itu sensitif dan mudah terluka.

Anda juga bisa memberikan satu atau dua tetes sampo ke waslap, jika ada sesuatu di wajah kucing yang bersifat lengket, atau sulit untuk hilang jika diseka dengan air.

9. Keringkan kucing secara menyeluruh

Setelah mandi dan membersihkan wajah, keringkan kucing dengan handuk besar dan gosok secara perlahan.

Anda juga bisa menggunakan hair dryer, asalkan dengan pengaturan suhu yang paling rendah. Jika Anda memiliki kucing berbulu panjang, gunakan juga sisir bergigi jarang agar bulunya tidak mudah kusut.

10. Beri hadiah

Setelah waktu mandi selesai, berikan hadiah berupa camilan, pujian, atau waktu bermain pada kucing Anda. Sebagai bentuk motivasi, agar hewan peliharaan Anda tidak sulit meluangkan waktu untuk mandi di kemudian hari.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #tips #cara #memandikan #kucing #dengan #benar #menurut #anjuran #dokter #hewa

KOMENTAR