AHY Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude, SBY: Tidak Ada Cawe-Cawe Saya
Agus Harimurti Yudhoyono. [Instagram]
10:25
8 Oktober 2024

AHY Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude, SBY: Tidak Ada Cawe-Cawe Saya

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menyandang gelar Doktor usai menyelesaikan pendidikan S3-nya di Universitas Airlangga Surabaya.

Dalam upacara wisuda doktoralnya, mantan Presiden RI yang juga merupakan ayah AHY, Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan. Dalam acara itu, SBY menceritakan soal penunjukkan dirinya untuk memberikan sambutan.

"Saya bertanya, yang memberikan sambutan ada lagi nggak, kalau hanya saya nanti orang bilang ini jeruk makan jeruk," kata SBY dikutip Suara.com dari Youtube Universitas Airlangga, Selasa (8/10/2024).

Selain itu, SBY juga membeberkan upaya putranya tersebut untuk meraih gelar doktor. Ia mengaku tak ikut campur dalam pendidikan putra sulungnya itu.

Baca Juga: Giveaway vs Bagi-bagi Voucher: Jurus Jitu Erina Gudono dan Raffi Ahmad usai Ramai Dikritik Netizen

Susilo Bambang Yudhoyono. [Instagram]Susilo Bambang Yudhoyono. [Instagram]

"Meskipun AHY ini mendapat kehormatan menyandang gelar doktor, ini karena jerih payahnya, tidak ada cawe-cawe saya," ungkap SBY.

Selain itu, SBY juga menceritakan bagaimana AHY berjuang merampungkan pendidikannya di tengah kesibukan menjadi  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Meskipun saya jarang ketemu, siang dan malam, di samping mengemban tugas negara tentunya, juga tidak melalaikan kewajiban yang sedang dilaksanakan sesuai dengan program doktor di universitas kebanggaan kita ini," pungkas SBY.

Sementara itu, soal ujian doktoralnya, AHY meraih nilai cumlaude dengan disertasinya yang berjudul "Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045".

"Karena setelah mengikuti kuliah selama 3 tahun di Unair, tadi kita bisa menyelesaikan sebuah sidang, ujian terbuka di hadapan Guru Besar, Civitas Akademika, dan juga dihadiri para hadirin secara langsung maupun virtual, dan saya bersyukur karena bukan hanya menuntaskan tugas-tugas termasuk penelitian disertasi dengan judul Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045," ucap AHY.

Baca Juga: Langsung Bagi-bagi Voucher Usai Blunder Doktor Kehormatan, Raffi Ahmad Panen Cibiran: Persis Mulyono

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #raih #gelar #doktor #dengan #predikat #cumlaude #tidak #cawe #cawe #saya

KOMENTAR