Kamu Berhak Bahagia! Simak, Cara Terlepas dari Jeratan Cyberbullying Bagi Pelaku dan Korban
Ilustrasi cara terlepas dari jeratan cyberbullying bagi pelaku dan korban. (Freepik)
07:16
8 Oktober 2024

Kamu Berhak Bahagia! Simak, Cara Terlepas dari Jeratan Cyberbullying Bagi Pelaku dan Korban

 

 Di era digital yang semakin canggih seperti sekarang, kita sering kali terjebak dalam jaringan online yang kompleks dan tak terbatas. 

Di balik kemudahan dan kecanggihan teknologi tersebut, terdapat bayang-bayang gelap yang mengintai, satu di antaranya adalah cyberbullying.

Fenomena cyberbullying menjadi kian meresahkan dan menyebalkan bagi sebagian orang, termasuk korban

Melalui media sosial, pesan teks, platform online lainnya, tindakan intimidasi dan pelecehan semakin mudah dilakukan, meninggalkan dampak yang serius pada korban-korban yang rentan.

Cyberbullying adalah masalah serius dalam era digital yang dapat memiliki dampak yang merusak pada kesejahteraan psikologis, emosional, dan bahkan fisik korban yang memerlukan respons yang komprehensif dari berbagai pihak.

Dikutip melalui The United Nations Children’s Fund (UNICEF) pada Selasa (8/10), korban dapat melindungi diri sendiri dengan mengambil tindakan tegas.

Namun, apakah korban bisa terlepas dari bayang-bayang para pelaku yang suka melakukan intimidasi tersebut? Simak penjelasannya!

Cara Mengatasi Cyberbullying

Mengatasi cyberbullying adalah sesuatu hal yang kompleks. Tidak hanya dari korban juga pelaku, dan juga institusi maupun lembaga terkait. 

Berikut ini langkah-langkah yang komprehensif untuk mengatasi cyberbullying:

Bagi Pelaku

Memahami tindakan yang dilakukan, pahami dampak tindakan yang dapat merusak mental dan emosional korban, serta berpotensi berdampak pada masa depan pelaku.

Menghentikan tindakan, jangan mengulangi tindakan dengan cara berhenti mengirimkan pesan kasar, komentar merendahkan, atau penyebaran informasi palsu.

Batasi penggunaan media sosial, jika dengan menggunakan media sosial membuatmu ingin melakukan tindakan  perundungan, sebaiknya jangan lagi menggunakan media sosial.

Meminta maaf, mengakui kesalahan dan menunjukkan niat untuk berubah adalah langkah yang positif.

Mengikuti prosedur hukum, jika perundungan menyebabkan pelanggaran hukum, pelaku harus mengikuti aturan hukum yang berlaku. Misalnya menjalani masa hukuman atau membayar denda.

Bagi Korban

Menghentikan interaksi dengan pelaku, korban sebaiknya menghindari kontak dengan pelaku cyberbullying. 

Menyimpan bukti, simpan bukti tindakan cyberbullying yang dilakukan oleh pelaku. Termasuk tangkapan layar pesan, komentar, atau postingan yang merendahkan. 

Bukti ini bisa digunakan jika perlu melaporkan kasus tersebut pada pihak yang berwenang.

Melaporkan ke pihak berwenang, laporkan ke polisi atau pihak berwenang yang kompeten. Mereka dapat membantu menangani kasus tersebut.

Mendapatkan dukungan emosional, dalam mengatasi dampak emosional cyberbullying, korban sebaiknya mencari dukungan dari keluarga, teman, atau seorang konselor. 

Berbicara dengan seseorang yang peduli dapat membantu mengatasi stres dan trauma.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kamu #berhak #bahagia #simak #cara #terlepas #dari #jeratan #cyberbullying #bagi #pelaku #korban

KOMENTAR