Profil dan Kekayaan Dudung Abdurachman, Eks KSAD Dukung Prabowo-Gibran Usai Pensiun
Mantan KSAD Dudung Abdurachman di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten. [SuaraBanten.id/Yandi Sofyan]
19:11
28 Januari 2024

Profil dan Kekayaan Dudung Abdurachman, Eks KSAD Dukung Prabowo-Gibran Usai Pensiun

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman secara resmi mendukung pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah purna tugas.

Dengan mengenakan atribut pendukung Prabowo-Gibran berupa seragam warna biru, ia mengajak masyarakat Banten untuk berada di satu barisan dengannya.

Dudung menyebut bahwa dirinya mengenal Prabowo dengan baik. Menurutnya, Prabowo adalah sosok nasionalis sejati yang selalu mementingkan bangsa dan rakyat Indonesia.

Ia juga yakin putra dari seorang begawan ekonomi tersebut mampu memimpin Indonesia menjadi lebih baik. Dudung mengatakan di benak seorang Prabowo hanyalah bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Lantas, seperti apakah profil dan kekayaan Dudung Abdurachman, eks KSAD resmi dukung Prabowo-Gibran? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Dudung Abdurachman

Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. adalah salah satu perwira tinggi TNI AD yang mempunyai karier cemerlang. Pria yang lahir di Bandung, 19 November 1965 ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988.

Setelah lulus dari Akademi Militer, Dudung menduduki jabatan sebagai Danton III Kompi B Yonif 744/Satya Yudha Bakti di NTT pada tahun 1989 sampai tahun 1992.

Selama menjalani kariernya di dunia militer, Dudung mempunyai rekam jejak yang cukup gemilang. Ia pernah menduduki jabatan strategis, seperti Dandim 0418/Palembang pada tahun 2006-2008, dan Dandenma Mabes TNI pada tahun 2015.

Ia juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Akmil pada tahun 2015-2016, Gubernur Akmil tahun 2018-2020, Pangdam Jayakarta pada tahun 2020-2021, dan Pangkostrad pada tahun 2021.

Kekayaan Dudung Abdurachman

Dudung memiliki kekayaan mencapai Rp12,25 miliar. Akumulasi kekayaannya ini dilaporkannya ke dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periodik 2022 yang dilaporkan pada 17 Maret 2023 saat masih menjabat sebagai KSAD.

Komponen terbesar harta kekayaan Dudung diketahui berasal dari tanah dan bangunan yang mencapai Rp7,63 miliar.

Dudung diketahui memiliki rumah atau bangunan di Magelang dan Bandung. Tak hanya itu, ia juga mempunyai empat bidang tanah di Subang. Harta terbanyak kedua, yaitu kas dan setara kas yang mencapai Rp2,34 miliar.

Dalam LHKPN, Dudung tercatat memiliki harta berupa transportasi dan mesin mencapai Rp1,24 miliar. Dudung mempunyai tiga mobil, yaitu Toyota Veloz 2019, Toyota Fortuner 2020, dan Toyota Corolla 2020. Selain itu, Dudung memiliki satu motor, yaitu Honda PCX 2020. Harta bergeraknya mencapai Rp1,02 miliar dan tercatat tidak memiliki utang. 

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #kekayaan #dudung #abdurachman #ksad #dukung #prabowo #gibran #usai #pensiun

KOMENTAR