5 Macam - Macam Jerawat Sering Muncul Di Wajah Dan Penyebabnya
Ilustrasi Jenis - jenis jerawat./Pixabay
17:16
7 Oktober 2024

5 Macam - Macam Jerawat Sering Muncul Di Wajah Dan Penyebabnya

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada manusia, terutama selama masa remaja.

Beberapa masalah jerawat yang sering terjadi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan hormonal, produksi minyak berlebihan, dan sel kulit mati yang menumpuk.

Dilansir laman siloamhospital.com Biasanya, beberapa jerawat yang sering timbul pada kebanyakan orang adalah mulai dari komedo hitam dan putih, jerawat papula, hingga jerawat batu, serta beberapa jenis lainnya.

Dilansir laman halodoc.com Maka dari itu, mencegah timbulnya jerawat tentu melibatkan perubahan gaya hidup dan perawatan kulit yang dapat membantu mengontrol produksi minyak, mengurangi peradangan, dan menjaga pori-pori tetap bersih.

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

1. Jerawat Blackheads

Blackheads atau komedo berwarna hitam ini sebenarnya salah satu jenis jerawat. Jenis ini biasanya muncul di sekitar hidung. Blackheads muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih.

Sebagian orang mungkin tidak peduli dengan kehadiran blackheads, tetapi kalau dibiarkan dapat menimbulkan masalah baru untuk wajah untuk mengatasi blackheads ini, kamu bisa menggunakan krim wajah dengan kandungan asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol.

Bahan-bahan ini berguna untuk membunuh bakteri penyebab komedo, mengurangi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati

2. Jerawat Whiteheads

Whiteheads atau komedo berwarna putih ini juga merupakan jerawat sering muncul di wajah.

Whiteheads muncul karena tersumbatnya pori-pori dan menutupi seluruh permukaan sehingga terlihat benjolan putih.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan AHA, retinoid, benzoyl peroxide, dan asam salisilat yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan pada area komedo.

3. Jerawat Pustula

Jerawat pustula adalah jerawat dengan cairan nanah di dalamnya. Jerawat ini berukuran lebih besar dari komedo putih dan dikelilingi kemerahan.

Jerawat ini biasanya muncul di area yang mudah berminyak, seperti wajah, punggung, dan dada. Jerawat ini paling sering menyerang saat usia remaja.

Menurut American Academy of Dermatology, cara mengatasi jerawat pustula ini dengan sabun cuci muka yang memiliki kandungan benzoyl peroxide dan asam salisilat.

Benzoyl peroxide berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan asam salisilat untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah.

4. Jerawat Papula

Jerawat jenis papula muncul dengan bentuk benjolan di bawah permukaan kulit. Apabila jerawat ini disentuh, akan terasa nyeri. Kulit di sekitar jerawat papula ini akan kemerahan namun tidak ada nanah di puncaknya.

Jerawat papula bisa muncul karena komedo hitam dan putih yang dibiarkan, sehingga menjadi iritasi dan merusak kulit sekitarnya, kemudian berubah menjadi peradangan.

Cara mengatasi jerawat ini adalah gunakan produk yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide.

Selain itu, pilih produk dengan kandungan retinoid karena mampu membantu memulihkan sel kulit yang rusak.

5. Jerawat Kistik

Jenis jerawat ini biasanya kita kenal dengan nama jerawat batu. Jerawat batu biasanya berbentuk benjolan merah, cukup besar, dan keras.

Jerawat kistik ini muncul karena penumpukan minyak dan sel kulit mati di jaringan kulit bagian dalam.

Jenis jerawat ini adalah jerawat yang parah. Untuk mengatasi jenis jerawat ini, selain menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide dan retinoid, gunakan produk isotretinoin.

Isotretinoin merupakan obat yang memang ditujukan untuk jerawat batu. Namun, penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #macam #macam #jerawat #sering #muncul #wajah #penyebabnya

KOMENTAR