Bolehkah Makan Jambu Biji saat Perut Kosong? Begini Penjelasannya
ilustrasi jambu biji. Sumber foto: Vecteezy
16:34
7 Oktober 2024

Bolehkah Makan Jambu Biji saat Perut Kosong? Begini Penjelasannya

– Dengan rasanya yang unik, jambu biji mampu memelihara tubuh kita dengan aneka nutrisi yang bermanfaat bagi pengidap diabetes dan hipertensi.

Jika berbicara tentang mengawali pagi dengan makanan padat nutrisi, jambu biji dianggap sebagai pilihan baik bisa memperlancar pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

Namun, tidak semua orang sebaiknya mengonsumsi jambu biji saat perut kosong, terutama bagi yang memiliki perut sensitif.

Orang yang rentan terhadap masalah kesehatan usus atau punya pencernaan lemah sebaiknya menghindari buah ini saat perut kosong karena dapat meningkatkan produksi asam dalam usus serta meningkatkan risiko gastritis dan tukak lambung.

Sebaliknya, orang yang pencernaannya baik atau terbiasa mengonsumsi serat ketika perut kosong dapat mengonsumsi buah ini.

Dikutip dari Times of India, Senin (7/10), berikut lima manfaat mengonsumsi jambu biji saat perut kosong.

Baik untuk pergerakan usus

Mengonsumsi jambu biji saat perut kosong dapat membantu pencernaan karena kaya akan antioksidan, serat, dan mineral yang mengatur pergerakan usus.

Konsumsi secara teratur dapat mencegah sembelit.

Vitamin C

Jambu biji mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Vitamin C bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh karena dapat melawan infeksi.

Vitamin C bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengurangi hipertensi.

Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi jambu biji mengalami penurunan tekanan darah. Jambu biji mengandung antioksidan dan magnesium yang bantu merelaksasi otot dan saraf.

Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung banyak antioksidan, magnesium, vitamin C, serat, dan kalium.

Kalium menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Magnesium membantu merelaksasi pembuluh darah, dan serat mengurangi risiko aterosklerosis.

Meningkatkan kesehatan kulit

Menurut penelitian, jambu biji meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini kaya akan antioksidan dan vitamin C.

Vitamin C bantu mencerahkan kulit. Antioksidan dalam jambu biji dapat menjaga kulit tetap muda dan sehat. Secara keseluruhan, rutin makan buah ini bisa mengurangi kerutan dan garis-garis halus.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #bolehkah #makan #jambu #biji #saat #perut #kosong #begini #penjelasannya

KOMENTAR