Bacaan Sholawat Menyambut Isra Miraj, Mendekatkan Diri kepada Allah SWT
Bacaan Sholawat Menyambut Isra Miraj (freepik)
09:02
27 Januari 2024

Bacaan Sholawat Menyambut Isra Miraj, Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Peringatan Isra Miraj adalah salah satu momen penting bagi umat islam, di mana Isra Miraj tahun ini jatuh pada hari Kamis, 8 Febuari 2024. Tentunya ada berbagai cara dalam menyambut Isra Miraj 2024, salah satunya adalah dengan membaca bacaan sholawat menyambut Isra Miraj.

Isra Miraj sendiri adalah suatu peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, kemudian Nabi Muhammad SAW naik ke Sidratul Muntaha. Di momentum inilah, hendaknya seluruh umat muslim banyak-banyak mengingat Nabi Muhammad SAW dengan cara melantunkan bacaan sholawat menyambut Isra Miraj.

Inilah beberapa bacaan sholawat menyambut Isra Miraj yang bisa Anda lantunkan:

1. Sholawat kepada Nabi dan Keluarganya

Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad".

Yang artinya: “Ya Allah, limpahkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya".

2. Sholawat Nariyah

"Alloohuma sholisholatan, kamilatan wasalim salaman. Tamman ala sayyidina muhammadinil ladzi, tanhallu bihil uqodu, wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo. Bihil hawaa-iju wa tunalu biharrogooibu wa husnul khowaatimi, wa yustaqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa’alaa aalihii wa shohbihi fii kulii lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli maluumin laka".

Yang artinya: “Ya Allah, limpahkan sholawat yang sempurna dan curahkan salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, maka semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, serta semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih. Dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan juga semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik serta hembusan nafas sebanyak bilangan semua diketahui oleh Engkau".

3. Sholawat Munjiyat

"Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadin. Sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamiial hajati, wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is sayyiati wa tarfa unaa bihaa ‘indaka a’lad darajaati, wa tuballigunaa biha aqshal ghaayaati min jami’il khairaati fil hayati wa ba’dal mamaati".

Yang artinya: "Ya Allah, mohon limpahkan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami semua dari segala keadaan-keadaan yang menakutkan dan membahayakan. Dengan rahmat itulah Engkau juga akan mendatangkan semua hajat-hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami. Mengangkat kami kepada derajat tertinggi, menyampaikan kami pada puncak-puncak tujuan, dan dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati".

Melantunkan sholawat menyambut Isra Miraj tentunya memiliki keutamaan yang sangat penting, mulai dari penenang hati, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mencintai Rasul-Nya. Jadi, jangan sampai melewatkan untuk melantunkan sholawat menyambut Isra Miraj, ya!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bacaan #sholawat #menyambut #isra #miraj #mendekatkan #diri #kepada #allah

KOMENTAR