Tips Makeup Untuk Kulit Berjerawat, Sembunyikan Jerawat dan Menyembuhkan Secara Bersamaan
Ilustrasi tips makeup untuk kulit berjerawat. (Pexels/PNW Production)
10:58
7 Oktober 2024

Tips Makeup Untuk Kulit Berjerawat, Sembunyikan Jerawat dan Menyembuhkan Secara Bersamaan

 

Tidak bisa membersihkan riasan dengan benar, stres, naik turunnya hormon, hingga kelenjar minyak yang terlalu aktif dapat menjadi salah satu yang memicu timbulnya jerawat. Hal yang membuat frustasi yaitu sulit untuk menentukan dengan tepat apa yang memicu timbulnya jerawat.

Siapapun yang memiliki kulit berjerawat, setiap langkah dalam rutinitas make up dapat menjadi ranjau yang berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan. Bahkan tidak mengherankan ada serangkaian tantangan yang berasal dari kulit sensitif dan halus yang rentan terhadap iritasi dan kemerahan.

Menemukan tips makeup untuk kulit berjerawat dapat memberikan salah satu solusi untuk make up yang aman tanpa membuat kulit semakin teriritasi. Meskipun jerawat menjadi bagian dari kehidupan, tidak berarti kalian harus membiarkan jerawat merusak penampilan setiap hati.

Memakai riasan make up pada wajah, tidak seharusnya membuat keadaan wajah berjerawat menjadi lebih buruk. Sebaliknya dengan cara yang tepat, kalian bisa menyembunyikan noda dan menyembuhkan secara bersamaan.

Dilansir dari clinicalase.com pada (6/10), berikut tips make up untuk kulit berjerawat yang memberikan hasil maksimal, anti cakey tanpa memperparah jerawat.

1. Bersihkan wajah sebelum make up

Mengaplikasikan riasan untuk kulit berjerawat dimulai dari bagian persiapan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan kulit bersih sebelum melakukan apapun. Dokter kulit menyarankan penggunaan pembersih muka yang lembut dan bilas dengan baik.

Kalian tidak perlu menggunakan scrub atau masker yang kasar untuk mengelupas kulit. Ingat, jerawat bukan berarti kulit kalian kotor. Ini hanya menjadi tanda bahwa pori-pori wajah tersumbat oleh minyak.

2. Gunakan primer mattifying

Primer mempersiapkan kulit untuk makeup dan menjadi langkah pertama dalam rutinitas makeup setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai alas bedak atau foundation dan sejenisnya. Menggunakan primer dapat meratakan warna kulit dan membantu riasan lebih tahan lama.

Bila kalian memiliki kulit yang berjerawat, pilihlah primer yang dapat membuat kulit tampak matte. Ingat dalam memilih primer, yang penting adalah produk apa yang cocok. Jangan terpengaruh primer terbaik tahun ini, karena bisa saja primer tersebut tidak cocok dan malah mempertegas jerawat di wajah.

Primer yang terbaik adalah yang cocok dengan kulit wajah. Untuk kalian yang rentan berjerawat, gunakan primer dengan tampilan matte untuk memberikan kesan berkilau yang alami.

3. Gunakan concealer yang tepat

Concealer adalah produk make up yang sangat bagus untuk menyembunyikan noda bekas jerawat dan jerawat yang membandel di wajah. Kalian dapat menyembunyikan sebagian besar jerawat dalam tiga langkah sederhana.

Cukup oleskan concealer pada area yang bermasalah. Sembunyikan bayangan di sekitar noda dengan kapas pembersih atau beauty blender, hindari menggunakan tangan karena dapat membawa bakteri yang dapat menempel pada jerawat.

Terakhir, sapukan bedak tipis-tipis. Jika jerawat belum muncul, kalian bisa menggunakan sedikit bedak tabur transparan pada area yang bermasalah.

4. Pilih alas bedak terbaik

Alas beda seperti foundation yang terbaik untuk kulit berjerawat adalah alas bedak cair karena cenderung tidak menyumbat pori-pori. Triknya adalah jangan menggunakan terlalu banyak. Cukup oleskan di seluruh wajah dan ratakan.

Jika mengoleskan alas bedak ke seluruh wajah, kulit akan terlihat menggumpal dan jerawat akan semakin terlihat. Maka pilihlah alas bedak cair yang cocok dengan kondisi kulit wajah kalian.

5. Gunakan produk bebas minyak

Untuk pemilik kulit berjerawat, kalian harus menghindari semua bahan yang tidak terserap oleh kulit seperti parafin, ftalat, isopropil miristat, dan petrolatum. Bahan-bahan berminyak ini dapat menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori.

Saat kalian mencari produk make up untuk kulit berjerawat, carilah kata-kata seperti 'non-comedogenic', asam hialuronat dan hipoalergenik. Non-comedogenik ini adalah tanda bahwa produk tidak menyebabkan jerawat atau produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori wajah.

6. Pastikan kuas make up bersih

Spesialis kulit dan dokter kulit sepakat menyarankan kalian untuk membersihkan kuas make up setidaknya seminggu sekali. Kalian harus mencucinya dengan pembersih yang lembut dan membilasnya dengan air.

Membersihkan kuas akan mencerah penumpukan bakteri yang menimbulkan jerawat. Kuas yang kotor, jika digunakan pada kulit yang sensitif akan menyebabkan lebih banyak lagi jerawat.

7. Jangan biarkan makeup menempel semalaman

Setelah tau cara makeup untuk kulit berjerawat, maka jangan lupa untuk membersihkannya. Meskipun menggunakan produk paling lembut dan cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat, kalian masih wajib membersihkannya sebelum tidur.

Menjaga kulit tetap bersih, bebas dari riasan dan lembab akan mencegah timbulnya jerawat. Hal terpenting yang perlu dilakukan untuk merawat kulit berjerawat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #makeup #untuk #kulit #berjerawat #sembunyikan #jerawat #menyembuhkan #secara #bersamaan

KOMENTAR