Adu Pendidikan Luhut Binsar dan Cak Imin, Punya Argumentasi Beda Soal Proyek Hilirisasi
Kolase Luhut Binsar Pandjaitan dan Cak Imin
14:30
25 Januari 2024

Adu Pendidikan Luhut Binsar dan Cak Imin, Punya Argumentasi Beda Soal Proyek Hilirisasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi pernyataan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin soal hilirisasi ugal-ugalan.

Sebagai informasi, saat melakoni Debat Cawapres, calon wakil presiden nomor urut 1 itu menyinggung permasalahan hilirisasi ugal-ugalan yang menimbulkan berbagai macam efek negatif.

"Dan kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang kita hilirisasi dilakukan ugal-ugalan. Merusak lingkungan, ada kecelakaan, tenaga asing mendominasi," kata Cak Imin pada Minggu (21/1/2024).

Menanggapi adanya pernyataan tersebut, Luhut menyebut jika Cak Imin telah melakukan pembohongan publik. Ia lantas mengajak salah satu kandidat calon wakil presiden tersebut untuk melihat kondisi sektor pertambangan secara langsung.

"Saya pengin sebenarnya mengundang Muhaimin itu berkunjung ke Weda Bay, ke Morowali untuk lihat sendiri. Seeing is believing gitu daripada Anda berbohong kepada publik," ujar Luhut dikutip dari unggahan Instagram-nya.

Sehubung dengan hebohnya keduanya yang memiliki beda pendapat soal hilirisasi, latar belakang pendidikan Luhut dan Cak Imin pun menarik untuk dikulik. Berikut merupakan uraiannya.

Pendidikan Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini memiliki pendidikan yang begitu moncer. Ia menempuh bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Yayasan Cendana.

Luhut lantas melanjutkan pendidikan tingkat sekolah menengah atas di SMAN 1 Pekanbaru, namun kemudian pindah di SMAK 1 Penabur Bandung atas perintah orang tuanya.

Pejabat kelahiran 28 September 1947 ini lanjut masuk ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) pada tahun 1967. Ia lulus pada 1970 sebagai penerima penghargaan Adhi Makayasa.

Selanjutnya, Luhut juga pernah mengikuti sejumlah kursus. Meliputi Kursus Dasar Kecabangan Infanteri (SUSSARCABIF), Kursus Komando, Korsus Lintas Udara, Kursus Lanjutan Perwira/SUSLAPA I, Kursus Lanjutan Perwira/SUSLAPA II.

Kemudian kembali menimba ilmu di Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (SESKOAD), Sekolah Staf dan Komando ABRI (SESKO ABRI), dan Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS).

Pendidikan Cak Imin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mempunyai riwayat pendidikan yang tak kalah moncer dibanding Luhut. Ia pernah menempuh pendidikan jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah yang dikelola Kementerian Agama.

Cak Imin lantas melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, yaitu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gajah Mada. Ia berhasil lulus pada 1982 dengan gelar Sarjana Ilmu Sosiatri.

Pada tahun yang sama, calon wakil presiden nomor urut 3 ini kemudian kembali berkuliah. Ia mengambil pendidikan Magister Ilmu Komunikasi kekhususan Manajemen Komunikasi di Universitas Indonesia. Ia juga mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa Ilmu Politik dari Universitas Airlangga pada 2007.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #luhut #binsar #imin #punya #argumentasi #beda #soal #proyek #hilirisasi

KOMENTAR