Kontroversi Dimyati Natakusumah Mertua Beby Tsabina Dikuliti: Kasus Pelecehan hingga Korupsi
Anggota Komisi III DPR RI fraksi PKS, Achmad Dimyati Natakusumah. (Suara.com/Bagaskara)
11:42
4 Oktober 2024

Kontroversi Dimyati Natakusumah Mertua Beby Tsabina Dikuliti: Kasus Pelecehan hingga Korupsi

Beby Tsabina tengah ramai jadi perbincangan di platform X karena potretnya mendampingi sang suami, Rizki Natakusumah dalam pelantikan anggota DPR RI periode 2024-2029 pada Selasa (1/10/2024) lalu. Namun yang paling jadi perhatian netizen adalah sosok mertua Beby Tsabina yakni Achmad Dimyati Natakusumah.

Kontroversi Dimyati Natakusumah kemudian dikuliti warganet. Mertua Beby Tsabina itu pernah tersandung kasus korupsi, dugaan pelecehan terhadap anak di bawah umur hingga dinasti politik.

Simak kontroversi Achmad Dimyati Natakusumah mertua Beby Tsabina berikut ini.

Jabatan Strategis Mertua Beby Tsabina

Potret Beby Tsabina Dampingi Rizki Natakusumah Pelantikan DPR RI (Instagram)Potret Beby Tsabina Dampingi Rizki Natakusumah Pelantikan DPR RI (Instagram)

Achmad Dimyati Natakusumah yang merupakan mertua Beby Tsabina pernah menjabat di berbagai posisi strategis dalam pemerintahan. Politisi 58 tahun itu pernah menjabat sebagai Bupati Padeglang selama dua periode yakni 2000-2005 dan 2005-2009. Setelah itu, Dimyati duduk di bangku DPR RI sejak tahun 2009.

Baca Juga: Serba Glamor Keluarga Wakil Rakyat, Adu Gaya Para Artis Anggota DPR RI saat Pelantikan

Dimyati juga pernah jadi Wakil Ketua MPR RI dari 4 Juli 2014 hingga 1 Oktober 2014. Dimyati lalu jadi anggota DPR RI dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sejak tahun 2019 hingga 2024.

Kekinian, Dimyati akan bertarung di Pilkada Banten sebagai calon wakil gubernur mendampingi Andra Soni. Keduanya berada di kubu koalisi dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan terlibatnya Gerindra sebagai salah satu partai pengusung.

Kontroversi Achmad Dimyati Natakusumah

Keluarga Bupati Pandeglang Irna Narulita, Rizki AuliaRahman (anak) dan Dimyati Natakusumah (suami).[Instagram/@Irnadimyati]Keluarga Bupati Pandeglang Irna Narulita, Rizki AuliaRahman (anak) dan Dimyati Natakusumah (suami).[Instagram/@Irnadimyati]

Selama masa jabatannya, Dimyati terjerat kasus dugaan suap Rp1,5 miliar pada anggota DPRD Pandeglang untuk memuluskan pinjaman daerah Rp200 miliar ke Bank Jabar pada tahun 2006. Saat itu, Dimyati sudah ditetapkan sebagai tersangka pada tahun 2009, tetapi kemudian dia bebas dari semua tuduhan di tahun 2011 saat kasus tersebut masih mengambang.

Selain itu, Dimyati juga pernah diduga melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan muda. Korban bahkan melaporkan kasus ini ke Komnas HAM.

Keluarga Dimyati juga lekat dengan dinasti politik. Hal ini terbukti karena setelah Dimyati lengser, kursi bupati diduduki oleh istrinya, Irna Narulita mulai periode 2016-2021 dan 2021-sekarang. Irna Narulita juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI selama dua periode yakni 2009-2014 dan 2014-2016.

Baca Juga: Berstatus Artis Level Menengah, Beby Tsabina Diulas Habis Perkara Jejak Korupsi Mertua

Irna mengawali karier politik lewat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2012 berpasangan dengan Wahidin Halim. Namun, ibu mertua Beby Tsabina ini kalah dari pasangan Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno.

Kemudian Irna masuk Senayan pada Pemilu Legislatif (Pileg) daerah pemilihan Pandeglang dan Lebak. Dia pun jadi anggota DPR dari Fraksi PPP periode 2014 sampai 2016. Namun sejak tahun 2020, Irna jadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sampai sekarang.

Sang anak, yakni Rizki Natakusumah yang merupakan suami Beby Tsabina pun terpilih jadi anggota DPR RI periode 2019-2024 saat berusia 25 tahun. Rizki kembali terpilih jadi anggota dewan periode 2024-2029. Suami Beby Tsabina ini punya harta kekayaan Rp7.794.727.198. (Rp7,7 miliar) yang terbagi dalam sejumlah aset.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kontroversi #dimyati #natakusumah #mertua #beby #tsabina #dikuliti #kasus #pelecehan #hingga #korupsi

KOMENTAR