Hotman Paris Lulusan Mana? Ikut Komentari Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Honoris Causa
Hotman Paris. (Instagram)
16:24
3 Oktober 2024

Hotman Paris Lulusan Mana? Ikut Komentari Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Honoris Causa

Gelar kehormatan Doktor Honoris Causa yang diterima Raffi Ahmad dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) menuai banyak kontroversi.

Tak hanya warganet, kabar tersebut juga mengundang reaksi dari tokoh publik, salah satunya pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Melalui akun Instagram pribadinya, Hotman Paris mengunggah momen ketika Raffi Ahmad mendapat gelar kehormatan atau Doktor Honoris Causa.

Namun, yang jadi perhatian warganet adalah caption yang ditulis Hotman Paris dalam unggahan tersebut.

Baca Juga: Kemampuan Bahasa Inggrisnya Pas-pasan, Pendiri UIPM Rantastia Nur Alangan Dihujat Netizen

“Sahabatku DR Raffi Ahmad! Dulu Hotman dapat gelar DR Cumlaude dari Unpad dgn disertasi: Kepailitan Multy National Companies,” tulis Hotman.

Dengan caption tersebut, Hotman Paris seolah-olah ingin menegaskan gelar doktor yang diraihnya dengan disertasi tentang Kepailitan Perusahaan Multinasional.

Alhasil, banyak warganet yang penasaran, sebenarnya Hotman Paris lulusan mana?

Profil dan Pendidikan Hotman Paris

Dr. Hotman Paris Hutapea, S.H., LL.M., M.Hum., adalah seorang pengacara asal Sumatera Utara yang lahir pada 20 Oktober 1959.

Baca Juga: Beda Kelas Pemberi Gelar Doktor Raffi Ahmad Vs Hotman Paris: Kampus Misterius Lawan Universitas Ternama

Hotman dikenal sebagai pengacara dengan gaya flamboyan karena sering memamerkan barang-barang mewah, seperti pakaian, aksesori, hingga kendaraan. Namun, gaya hidup mewah tersebut tidak terlepas dari kariernya yang terbilang cukup moncer di dunia bidang hukum.

Seperti diketahui, Hotman sudah menjadi pengacara lebih dari 30 tahun dan berkali-kali menangani kasus besar seperti masalah Manohara Odelia Pinot dengan Pangeran Kesultanan Kelantan pada tahun 2009 lalu.

Dari berbagai kasus yang ditangani, Hotman menjadi pengacara kelas kakap dengan bayaran fantastis sampai-sampai ia memiliki banyak julukan, seperti ‘Pengacara 30 Miliar’ dan ‘Celebrity Lawyers’.

Namun, karier yang mentereng tersebut tentu tidak luput dari latar pendidikannya yang bukan kaleng-kaleng. Menurut informasi yang dihimpun, Hotman Paris adalah alumni S1 Hukum di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat.

Setelahnya, ia melanjutkan program magister Ilmu Hukum di University of Tecnology, Sydney, Australia. Tak hanya satu, ia juga menempuh S2 di Universitas Gajad Mada (UGM) jurusan Ilmu Hukum.

Kemudian, Hotman meneruskan pendidikannya untuk meraih S3 di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat. Dengan disertasi yang membahas tentang kepailitan perusahaan, ia mendapat gelar Doktor dari Universitas Padjajaran.

Warganet juga menyoroti gelar yang diterima Hotman bukanlah abal-abal karena Universitas Padjajaran menjadi salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia dan dunia.

Bahkan, Universitas Padjajaran mendapat peringkat 596 QS World University Rankings atau QS WUR 2025 yang dirilis April 2024 lalu.

Dari bekal pendidikan dan pengalaman panjang tersebut menjadikan Hotman Paris sebagai salah satu pengacara terkenal dengan bayaran fantastis di Indonesia.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #hotman #paris #lulusan #mana #ikut #komentari #raffi #ahmad #dapat #gelar #doktor #honoris #causa

KOMENTAR