Beda Kelas Pemberi Gelar Doktor Raffi Ahmad Vs Hotman Paris: Kampus Misterius Lawan Universitas Ternama
Pengacara Hotman Paris Hutapea dan Raffi Ahmad di kawasan Tendean, Jakarta, Senin (5/2/2024). [Suara.com/Adiyoga Priyambood]
12:41
3 Oktober 2024

Beda Kelas Pemberi Gelar Doktor Raffi Ahmad Vs Hotman Paris: Kampus Misterius Lawan Universitas Ternama

Gelar doktor kehormatan atau Doktor Honoris Causa (HC) yang diberikan kepada Raffi Ahmad menjadi perbincangan. Bahkan Hotman Paris belakangan ikut buka suara.

Seperti diketahui, Raffi Ahmad mendapat gelar Doktor HC dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) di Thailand. Gelar itu diberikan atas peran Raffi di industri hiburan. Namun, keberadaan kampus yang memberikan gelar kepada suami Nagita Slavina dipertanyakan oleh warganet menyusul temuan-temuan yang ada.

Seiring dengan ramainya gelar doktor HC untuk Raffi, Hotman Paris membagikan postingan di Instagram pribadinya. Entah bermaksud menyindir atau tidak, sang pengacara mengaku juga mendapat gelar doktor namun dari kampus yang berbeda.

"Sahabatku DR Raffi Ahmad! Dulu Hotman dapat gelar DR Cumlaude dari Unpad dengan disertasi: Kepailitan Multy National Companies," tulisnya.

Baca Juga: Ernest Prakasa Komentari Foto 'Janggal' Petinggi UIPM di Geneva: Ini Lebih Epik...

Sama-sama dapat gelar doktor, intip perbedaan pemberi gelar untuk Raffi Ahmad dan Hotman Paris berikut ini:

Raffi Ahmad

Raffi Ahmad dapat gelar kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) (Instagram/raffinagita1717)Raffi Ahmad dapat gelar kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) (Instagram/raffinagita1717)

Ramai di media sosial cuitan warganet yang mengungkap kejanggalan mengenai kampus yang memberikan gelar Doktor HC kepada sosok yang dijuluki Sultan Andara. Salah satunya mengenai alamat kampus yang sebelumnya dituliskan berada di Thailand. Saat didatangi lokasi tersebut nyatanya hotel dan hunian apartemen.

Lokasi UIPM juga disebutkan ada di Bekasi. Tapi saat ditelusuri, kampus itu hanya menyewa ruangan kecil dan tak menunjukkan adanya aktivitas perkuliahan. Nama kampus itu juga tak terdaftar rangking Webometrics dan Financial Times.

Di sisi lain, tim kuasa hukum UIPM mengeluarkan surat serta somasi seiring dengan ramainya kabar pemberian gelar kepada Raffi Ahmad. Dalam surat yang diposting akun @uipmun, Deputy of Legal Affairs of UIPM UN Ecosoc, Helena Pattirane menerangkan jika UIPM adalah lembaga perguruan tinggi resmi. Kampus tersebut mengklaim sepenuhnya menjalankan sistem pembelajaran online. Namun hasil pantauan Kamis (3/10/2024), akun @uipmun beserta postingannya tak dapat diakses.

Baca Juga: Profil Rantastia Nur Alangan, CEO UIPM yang Beri Gelar Doktor Honoris Causa ke Raffi Ahmad

Hotman Paris

Hotman Paris Hutapea di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (14/11/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Hotman Paris Hutapea di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (14/11/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Berbeda dengan Raffi Ahmad, Hotman Paris Hutapea mendapatkan gelar doktor dari Universitas Padjajaran (Unpad) media 2011 silam. Gelar itu diberikan kepada Hotman atas keberhasilannya mempertahankan disertasi berjudul "Kepailitan Berdasarkan Obligasi Dijamin yang Diterbitkan oleh Perusahaan Special Purpose Vehicle di Luar Negeri Serta Dijamin oleh Perusahaan Indonesia".

Pengacara keturunan Batak tersebut dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Gelar doktor hukum diberikan kepada Hotman murni karena riwayat akademisinya yang gemilang.

Adapun Unpad adalah salah satu kampus ternama di Indonesia. Dikutip dari laman kampus, Unpad menduduki peringkat 596 QS World University Rankings atau QS WUR 2025 yang dirilis April 2024 lalu.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #beda #kelas #pemberi #gelar #doktor #raffi #ahmad #hotman #paris #kampus #misterius #lawan #universitas #ternama

KOMENTAR