Profil Romy Soekarno, Cucu Bung Karno Gantikan Arteria Dahlan di DPR
Hendra Rahtomo atau Romy Soekarno. [Tangkapan layar IG]
08:52
3 Oktober 2024

Profil Romy Soekarno, Cucu Bung Karno Gantikan Arteria Dahlan di DPR

Usai menggantikan posisi Arteria Dahlan yang mengundurkan diri sebagai caleg terpilih, profil Romy Soekarno langsung menjadi pembicaraan publik. Sebelumnya, Romy memang berada di daerah pilih (dapil) yang sama dengan Arteria Dahlan, yakni Jatim VI.

Awalnya, Arteria Dahlan sendiri merupakan pengganti dari Sri Rahayu. Namun, pria tersebut akhirnya juga mengundurkan diri jelang pelantikan sampai akhirnya muncul nama Romy Soekarno.

“Oh itu memang (keputusan) dari DPP yah. DPP Mengapresiasi bagaimana saya di dapil berjuang dari pagi sampai malam dan terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri (Arteria Dahlan),” ujar Romy ketika dilantik jadi anggota DPR periode 2024–2029.

Di samping penunjukkan tersebut, bagaimana sosok cucu presiden ke-1 ini selama ini dikenal? Simak informasinya melalui uraian berikut.

Baca Juga: Beda Pendidikan Arteria Dahlan dan Romy Soekarno, Gantian Posisi di DPR RI

Profil Romy Soekarno

Lebih akrab disapa Romy Soekarno, pria kelahiran 1972 ini memiliki nama asli Hendra Rahtomo Soekarno. Ia merupakan putra dari pasangan Rachmawati Soekarnoputri dan Martomo Pariatman Marzuki.

Meski terlahir dari keluarga politik, selama ini Romy justru menghabiskan banyak waktu berkarir di dunia musik sebagai DJ atau disjoki.

Usai mundur dari dunia musik, Romy mendapatkan mandat menjadi Presiden Direktur di mahadana Group, perusahaan yang bergerak di berbagai sektor sekaligus.

Nama Romy Soekarno sempat ramai dibicarakan ketika ia menikahi aktris Donna Harun di tahun 1996. Dari pernikahan ini, ia memiliki seorang anak bernama Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra alias Jeje Soekarno. Romy dan Donna memutuskan untuk berpisah di tahun 2018.

Baca Juga: Bukan Orang Baru, Ketua DPR RI 2024-2029 Ternyata Wajah Lama?

Di samping menjalankan beberapa bisnis, Romy juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT 1945 Nuswantara Investama, Ketua Pembina Yayasan pendidikan Soekarno, serta Dewan Pembina Yayasan Fatmawati. Ini merupakan yayasan yang menaungi Universitas Bung Karno di Jakarta Pusat.

Meski baru mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di tahun 2024 ini, Romy ternyata sudah menjadi anggota atau kader PDIP. Berdasarkan unggahan di Instagram pribadinya (@Romysoekarno), ia menjabat sebagai Dewan Penasehat Komunitas Banteng Muda (KBM).

Di media sosial, Romy memang cukup aktif membagikan kegiatannya sehari-hari, termasuk upaya kampanye pemilu beberapa bulan lalu. 

Pada tahun 2024 ini, Romy ikut mencalonkan diri sebagai caleg PDID dapil Jatim VI yang terdiri dari Blitar, Kediri, dan Tulungagung. Perolehan suaranya sebenarnya berada di bawah Sri Rahayu dan Arteria Dahlan. Namun, karena keduanya mengundurkan diri, Romy pun berhasil melenggang ke Senayan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #romy #soekarno #cucu #bung #karno #gantikan #arteria #dahlan

KOMENTAR