Beda Kekayaan Tom Lembong dan Gibran, 4 Kali Lebih Besar dari Anak Jokowi
Kolase Gibran Rakabuming Raka dan Tom Lembong. [Istimewa]
17:29
23 Januari 2024

Beda Kekayaan Tom Lembong dan Gibran, 4 Kali Lebih Besar dari Anak Jokowi

Tom Lembong atau Thomas Lembong menjadi perbincangan usai namanya muncuk dalam debat cawapres yang diselenggarakan (21/1/2024) malam. Nama Tom Lembong sendiri mulanya disebut Gibran Rakabuming Raka sebagai orang yang diduga memberi catatan pada Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Tom Lembong sendiri kini merupakan Co-captain Timnas AMIN. Sebelumnya pria kelahiran 1971 itu juga sempat menjadi salah satu orang dekat Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ia menjadi orang yang menyusun berbagai pidato Jokowi sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga presiden. Tom Lembong juga menjadi penasihat ekonomi dan penulis pidato Jokowi saat menjabat Gubernur DKI Jakarta hingga presiden di periode pertama.

Tom Lembong yang juga pernah menjabat di berbagai perusahaan baik swasta maupun BUMN. Kini menjadi Ketua Dewan PT Jaya Ancool, berpaa kekayaan Tom Lembong?

Tom Lembong - Jejak Karier Tom Lembong (instagram/@tomlembong)Tom Lembong - Jejak Karier Tom Lembong (instagram/@tomlembong)

Harta kekayaan Tom Lembong terakhir kali tercatat pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 30 April 2020. Kala itu Tom menjabat sebagai Kepala BKPM.

Tercatat, total harta Tom sebesar Rp101,57 miliar pada 31 Desember 2019. Kekayaan tersebut terdiri dari harta bergerak lainnya sebesar Rp180,99 juta, surat berharga sebesar Rp94,53 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp2,09 miliar, serta harta lainnya sebesar Rp4,77 miliar. Tom kala itu juga tercatat memiliki utang sebesar Rp86,89 juta.

Ia tidak memiliki kekayaan dalam bentuk tanah, bangunan, serta transportasi.

Berbeda dengan Tom Lembong, Gibran dalam LKHPN pada laporan Januari 2023 tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp 26.032.674.370 atau Rp 26 miliar.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #kekayaan #lembong #gibran #kali #lebih #besar #dari #anak #jokowi

KOMENTAR