Waspada! Ini 7 Tanda Circle Pertemanan Anda Toxic, Salah Satunya Jarang Merayakan Keberhasilan Anda
Jarang merayakan keberhasilan Anda adalah salah satu tanda lingkaran pertemanan Anda toxic (freepik)
06:26
28 September 2024

Waspada! Ini 7 Tanda Circle Pertemanan Anda Toxic, Salah Satunya Jarang Merayakan Keberhasilan Anda

– Pada dasarnya mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang tepat sangat penting bagi pertumbuhan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Teman-teman yang kita pilih untuk tetap dekat hendaknya memberi inspirasi kepada kita, mendorong kita menuju tujuan-tujuan kita dan berbagi visi pertumbuhan yang sejalan dengan visi kita sendiri.

Meskipun wajar untuk sangat peduli terhadap orang-orang yang telah lama hadir dalam hidup kita namun kita juga harus sadar bahwa berpisah dengan orang-orang tertentu diperlukan demi kesehatan dan perkembangan kita.

Ada perbedaan yang jelas antara lingkaran pertemanan yang mendukung dan yang toxic. Semuanya tentang energi yang mereka pancarkan.

Bila teman-teman Anda menyemangati, mendukung dan membawa hal positif ke dalam hidup Anda maka Anda berada dalam lingkungan yang sehat.

Namun bila Anda meninggalkan tempat nongkrong dengan perasaan terkuras atau terus-menerus khawatir maka sudah waktunya mempertimbangkan kembali meneruskan hubungan pertemanan Anda.

Berikut beberapa tanda lingkaran pertemanan Anda sebenarnya toxic sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Sabtu (28/9):

1. Anda merasa terkuras setelah menghabiskan waktu bersama mereka

Dalam persahabatan yang sehat, Anda seharusnya merasa berenergi dan berseri setelah bergaul. Sebab ini adalah pertukaran getaran baik, percakapan menarik dan tawa bersama.

Namun jika Anda terus-menerus merasa lelah, terkuras secara emosional atau bahkan cemas setelah menghabiskan waktu bersama teman-teman maka itu pertanda jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Perasaan terkuras ini bisa jadi karena adanya hal negatif yang terus-menerus, drama yang tidak perlu atau bahkan percakapan sepihak dimana Anda hanya menjadi pendengar setia.

2. Mereka jarang merayakan keberhasilan Anda

Kita semua tentu senang saat teman kita sukses. Pasalnya merayakan keberhasilan bersama adalah momen yang menyenangkan. Namun dalam lingkaran pertemanan yang toxic, hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

Seharusnya sahabat sejati menjadi penyemangat terbesar Anda bukan malah penghambat kebahagiaan Anda.

3. Mereka memberikan pujian tidak langsung

Pujian seharusnya membuat Anda merasa baik tentang diri sendiri. Namun dalam lingkungan pertemanan yang toxic maka Anda mungkin akan mendapati diri Anda menerima lebih banyak pujian tidak langsung daripada pujian tulus.

Pujian tidak langsung terjadi saat seseorang mengatakan sesuatu yang baik tentang Anda tetapi di balik pujian tersebut tersembunyi penghinaan tersirat.

4. Mereka terus-menerus meremehkan masalah Anda

Pada dasarnya kita semua mempunyai perjuangan dan tantangan sendiri, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya hal itu bagi orang lain.

Seorang teman sejati akan selalu ada untuk mendengarkan dengan penuh simpati dan menawarkan dukungan.

Dalam lingkaran pertemanan yang toxic, masalah Anda justru sering kali diremehkan atau diabaikan. Seolah-olah perasaan Anda tidak dianggap penting atau tidak digubris.

Penolakan terus-menerus ini dapat membuat Anda mempertanyakan validitas perasaan dan pengalaman Anda yang tidak sehat.

5. Mereka membuat Anda merasa bersalah karena mengatakan tidak

Persahabatan yang sehat tentu menghargai batasan. Namun dalam lingkungan pertemanan yang toxic justru mengatakan tidak sering kali dapat menimbulkan rasa bersalah atau manipulatif.

Intinya terus-menerus merasa bersalah karena mengutamakan kesejahteraan Anda atau menetapkan batasan adalah tanda yang jelas dari lingkaran pertemanan yang toxic.

6. Mereka selalu menjadi korban

Dalam lingkaran pertemanan yang toxic sering kali ada satu atau lebih individu yang terus-menerus berperan sebagai korban.

Artinya mereka tidak pernah bertanggung jawab atas tindakan mereka, terus-menerus menyalahkan orang lain dan selalu menyalahkan Anda bukan menyalahkan diri mereka sendiri.

Mereka menggunakan status korban untuk memanipulasi situasi dan mendapatkan simpati.

Pasalnya teman sejati dan sehat harusnya mampu mengakui kesalahannya dan bertanggung jawab atas tindakannya.

7. Mereka tidak menghormati ruang pribadi Anda

Menghormati ruang pribadi adalah dasar dalam hubungan apa pun termasuk persahabatan.

Namun, dalam lingkaran pertemanan yang toxic, ruang pribadi Anda sering kali dilanggar bahkan diabaikan.

Entah itu batasan fisik, terus-menerus mengorek kehidupan pribadi Anda atau tidak menghargai waktu Anda. Tentunya hal ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan stres.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waspada #tanda #circle #pertemanan #anda #toxic #salah #satunya #jarang #merayakan #keberhasilan #anda

KOMENTAR