Ini 7 Cara Agar Kamu Lebih Banyak Bersyukur Dalam Hidup, Bisa Kamu Terapkan Mulai Sekarang!
bersyukur (freepik)
07:16
27 September 2024

Ini 7 Cara Agar Kamu Lebih Banyak Bersyukur Dalam Hidup, Bisa Kamu Terapkan Mulai Sekarang!

Bersyukur merupakan salah satu kunci hidup bahagia. Dari setiap orang di dunia, ada orang yang termasuk dalam golongan orang yang banyak bersyukur dan juga yang tidak.

Bersyukur adalah sebuah pemikiran baik yang tidak ada salahnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila kamu merasa termasuk dalam golongan orang yang tidak banyak bersyukur, kamu bisa merubahnya mulai sekarang.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memulai hari baru dengan kepribadian yang lebih bersyukur dibanding sebelumnya.

Apabila kamu menerapkan berbagai cara untuk bisa bersyukur, kamu bisa lebih menikmati hidup dengan baik.

Tidak perlu perlu bersusah payah, kamu bisa memulai dari cara yang paling mudah untuk bisa lebih banyak bersyukur dalam hidup.

DIlansir dari Calm dan Psych Central, berikut ini merupakan 7 cara agar kamu lebih banyak bersyukur dalam hidup:

1. Menikmati Masa Kini

Cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk lebih bersyukur adalah dengan menikmati masa kini.

Bukan meratapi masa lalu atau mengandai di masa depan, masa sekarang adalah kenyataan yang harus kamu hadapi dan apresiasi sekecil mungkin.

Dengan menikmati masa kini, kamu bisa jadi lebih mengapresiasi apa yang ada dihadapan.

Kegiatan apa yang dilakukan, apa saja yang tersedia di hadapan, dan segala hal yang membentuk realita yang sedang kamu hadapi. Jadi lebih hadir dalam tiap kenyataan yang ada di tiap harinya.

2. Fokus Pada Hal Kecil

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan fokus pada hal kecil. Ketika kamu terlalu sibuk akan hal besar dalam hidup, kamu jadi tidak bisa mengapresiasi hal kecil yang sebenarnya positif dalam hidup.

Kamu bisa mulai berfokus pada hal kecil yang ada di sekitarmu. Misal, ketika kamu bangun pagi tepat waktu, sarapan tersedia diatas meja, burung berkicau dan masih banyak lagi.

Kamu bisa berkontemplasi mengenai betapa banyaknya hal kecil yang telah kamu luput untuk sadari selama ini.

3. Refleksi Rasa Syukur

Cara lain yang juga bisa diterapkan untuk memperbanyak bersyukur adalah dengan merefleksikan rasa syukur tersebut.

Selain bersyukur, kamu bisa menyisihkan beberapa waktu untuk merefleksikan apa yang kamu syukuri pada hari tersebut.

Beberapa menit di pagi hari atau beberapa menit sebelum tidur cukup bagi kamu merefleksikan rasa syukur tersebut. Hal ini adalah untuk melatih rasa syukurmu jadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

4. Buat Catatan Syukur

Salah satu kepanjangan dari refleksi rasa syukur adalah dengan membuat catatan syukur atau mendokumentasikannya kedalam tulisan. Kegiatan ini mungkin lebih familiar di telinga dengan nama journaling.

Dengan membuat catatan syukur, kamu bisa menyadari pengalaman positif apa yang terjadi dan bagaimana keseharianmu tidak seburuk yang kamu kira.

Dengan melakukan ini secara rutin, kamu bisa melatih rasa syukur dan merubah pandangan hidup jadi lebih positif.

5. Berbagi Rasa Syukur

Rasa syukur yang dirasakan sendiri memang hal baik, namun akan lebih baik lagi apabila rasa syukur tersebut ditularkan pada orang lain dengan cara dibagikan.

Kamu bisa mulai membagikan rasa syukur yang kamu rasakan atau kamu latih pada orang lain.

Mulai dari orang terdekat, saudara, sahabat bahkan orang asing di jalan. Membagikan rasa syukur yang dimiliki ke orang lain memiliki efek positif tersendiri. Hal ini juga bisa meningkatkan rasa syukurmu dan bahagia ketika menyampaikan hal positif ke orang lain.

6. Ubah Persepsi Bahasa

Perbedaan antara orang yang bersyukur dan yang tidak bersyukur pada dasarnya hanya dipisahkan oleh sehelai benang tipis. Yang membuatnya berbeda adalah bagaimana cara seseorang tersebut mengucapkannya dengan kalimat.

Kamu bisa mengubah persepsi bahasa jadi lebih baik dalam rangka meningkatkan rasa syukur.

Misalnya ketika kamu merasa buruk untuk berangkat ke sekolah, kamu bisa merubah persepsi bahasa dengan meyakini bahwa kamu berangkat untuk menimba ilmu yang bisa memperbaiki masa depanmu.

7. Pikirkan Realita Negatif

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa syukur adalah dengan memikirkan realita negatif yang berkebalikan dari kenyataan sekarang.

Terlalu banyak berfokus pada hal buruk membuatmu tidak menyadari betapa berharganya momen yang sedang kamu rasakan sekarang ini.

Kamu bisa membayangkan bagaimana jika kamu tidak memiliki motor untuk pergi kerja, atau tidak punya cukup uang untuk membeli segelas kopi.

Hal ini bisa membuatmu sadar bahwa sebenarnya kenyataanmu tidak seburuk yang kamu pikirkan dan ada yang bisa disyukuri.

Ketujuh hal diatas merupakan cara agar kamu bisa lebih banyak bersyukur dalam hidup. Apabila kau menerapkan berbagai cara di atas, kamu bisa merasakan lambat laun pandanganmu pada dunia berubah secara lebih positif.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #agar #kamu #lebih #banyak #bersyukur #dalam #hidup #bisa #kamu #terapkan #mulai #sekarang

KOMENTAR