Simak! Ini Dia 6 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Meradang
6 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Meradang. (freepik.com)
20:18
25 September 2024

Simak! Ini Dia 6 Cara yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Meradang

 

 – Jerawat meradang biasanya ditandai dengan adanya benjolan keras atau lembut yang berwarna merah dan terasa nyeri.

Penyebab jerawat meradang yaitu karena bakteri, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk. Sehingga membuat pori-pori tidak bisa mendapatkan oksigen.

Untuk itu, jerawat meradang harus segera diatasi agar tidak meninggalkan bekas luka di wajah atau yang biasa disebut bopeng.

Berikut ini merupakan enam cara untuk mengatasi jerawat meradang yang dilansir dari laman alodokter dan halodoc pada Rabu (25/9).

  1. Menggunakan Retinoid

Cara pertama untuk mengatasi jerawat meradang, yaitu dengan menggunakan retinoid oles. Retinoid diketahui dapat bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati.

Namun, perlu diketahui obat retinoid ini tidak dapat digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan pemilik kulit sensitif.

Retinoid tersedia dalam bentuk salep, gel, atau krim yang dapat digunakan sesuai dengan resep dari dokter. Untuk menggunakannya, kamu dapat mencuci bersih wajah dan keringkan. Lalu oleskan retinoid ke seluruh wajah.

Kamu juga harus menghindari paparan sinar matahari pada saat menggunakan obat retinoid ini.

  1. Menggunakan Antibiotik Oral

Selanjutnya, yaitu dengan menggunakan antibiotik oral. Kamu dapat menggunakan antibiotik jerawat, seperti doksisiklin dan minosiklin yang merupakan obat resep untuk jerawat sedang hingga parah.

Antibiotik oral untuk jerawat ini diketahui dapat bekerja dengan mengurangi jumlah bakteri yang terperangkap di dalam dan sekitar folikel rambut dan kelenjar sebaceous.

Untuk menggunakan antibiotik oral ini, kamu harus mendapatkan resep dan rekomendasi dokter terlebih dahulu.

  1. Menghindari Beberapa Makanan Tertentu

Cara selanjutnya, yaitu dengan menhindari makanan-makanan yang dapat memperparah jerawat meradang kamu, seperti produk olahan susu, cokelat, makanan berlemak, dan makanan tinggi glikemik.

Dengan menghindari makanan tersebut, maka akan membuat jerawat meradang kamu semakin membaik.

  1. Tea Tree Oil

Kamu dapat menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan jerawat yang meradang. Kandungan yang ada di dalam tea tree oil ini bisa membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Selain itu, tea tree oil juga dapat mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri yang ada di wajah.

Namun, bagi penderita eksim atau pemilik kulit sensitif harus berhati-hati, karena tea tree oil dapat mengiritasi kulit.

  1. Membersihkan Wajah dengan Hati-Hati

Penggunaan obat jerawat tidak cukup untuk mengatasi jerawat yang meradang. Kamu juga harus menjaga kebersihan kulit wajah.

Kamu dapat membersihkan wajah yang berjerawat secara lembut dan bilas dengan menggunakan air hangat.

  1. Menggunakan Zinc

Zinc diketahui dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih di wajah. Kandungan zinc yang ada di dalam obat jerawat juga dapat melindungi kulit terhadap peradangan serta infeksi bakteri.

Selain dalam bentuk lotion dan krim, zinc juga tersedia dalam bentuk suplemen. Meski bermanfaat, namun ingat untuk tidak mengkonsumsi zinc secara berlebihan karena asupan zinc yang berlebihan dapat membuat penyerapan mineral terganggu.

Itu dia informasi mengenai enam cara yang ampuh untuk mengatasi jerawat meradang.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #cara #yang #ampuh #untuk #mengatasi #jerawat #meradang

KOMENTAR