Daftar Kontroversi Puan Maharani, Namanya Disebut Bakal Diusulkan Jadi Wapres Gantikan Gibran
Potret Puan Maharani. (Instagram)
19:15
25 September 2024

Daftar Kontroversi Puan Maharani, Namanya Disebut Bakal Diusulkan Jadi Wapres Gantikan Gibran

Nama Puan Maharani mendadak dijagokan untuk gantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI terpilih. Hal ini terkait Gibran yang tengah diterpa angin kontroversi terkait akun Fufufafa yang memiliki jejak digital cukup problematik. 

"Prediksi publik saat ini mengarah pada Puan Maharani sebagai pengganti Gibran. Banyak yang yakin, Ibu Puan akan diusulkan dan dipilih oleh MPR untuk menjadi Wapres Prabowo,"  ujar pegiat media sosial Jhon Sitorus  melalui kanal YouTube MPTV, dikutip Rabu (25/9/2024).

Puan Maharani sendiri memiliki riwayat karier yang panjang di dunia politik, yang beberapa kali menuai kontroversi. 

Lantas, seperti apa daftar kontroversi Puan Maharani? Apakah ia lebih pantas di posisi Wakil Presiden RI ketimbang Gibran Rakabuming?

Baca Juga: Kaesang Pakai Rompi Putra Mulyono, Ciri Khas Politik Ngeledek Warisan Gibran dan Jokowi

Wacanakan kebijakan impor guru asing

Sebelum duduk di Senayan, Puan Maharani sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada 2019.

Sayangnya, ia sempat menerima kritik atas wacana kebijakan untuk mengimpor guru asing. Puan akhirnya tunduk oleh kritik-kritik tersebut dan meralat pernyataannya.

Puan Maharani saat memperingati HUT ke-79 DPR RI, Kamis (29/8/2024) (bidik layar video)Puan Maharani saat memperingati HUT ke-79 DPR RI, Kamis (29/8/2024) (bidik layar video)

Bikin masyarakat Minangkabau meradang

Puan yang kini menjabat sebagai Ketua DPR RI pernah menuai kontroversi yang menyinggung masyarakat Minangkabau.

Baca Juga: Beasiswa S2 Erina Gudono Dikritik dan Dibahas Media Pennsylvania, Dokter Tifa: Memalukan!

Kala itu, Puan Maharani menyampaikan harapannya agar Provinsi Sumatera Barat menjadi provinsi yang mendukung Pancasila.

"Semoga Sumatera Barat bisa menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila, bismillahirrohmanirrohim. Merdeka," ujar Puan dalam rapat bersama PDIP membahas calon Gubernur Sumatera Barat.

Sontak, pernyataan Puan Maharani diterima dengan berat hati oleh masyarakat Minangkabau melalui Persatuan Pemuda Mahasiswa Minang atau PPMM.

Pihak PPMM akhirnya melaporkan Puan ke kepolisian lantaran meragukan sikap masyarakat Minangkabau terhadap ideologi negara. Laporan tersebut akhirnya tak berlanjut hingga detik ini.

Beri julukan Jokowi 'Petugas Partai'

Pernyataan Puan Maharani terhadap Jokowi juga sempat menuai polemik. Pasalnya, Puan pernah memberi julukan 'Petugas Partai' ke Jokowi.

"PDIP bersama Jokowi dan Jokowi masih sebagai petugas partai, kader PDIP," kata Puan pada 2015 silam. Tak sedikit masyarakat yang menilai bahwa julukan tersebut merendahakan Jokowi.

Penampilan Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR RI (Instagram)Penampilan Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR RI (Instagram)

Matikan mikrofon saat rapat

Puan juga beberapa kali dinilai tak bersikap bijak kala dituding mematikan mikrofon dalam beberapa kesempatan.

Pertama, publik menuding Puan sebagai dalang dari matinya mikrofon anggota DPR RI Fraksi Demokrat Irwan Fecho.

Irwan kala itu hendak menyampaikan pendapatnya terkait penolakan pengesahan RUU Cipta Kerja di di Gedung Parlemen Senayan. Tiba-tiba mikrofon Irwan mati dan Puan dituding sebagai biang keroknya.

Sosok anggota Komisi X dari Fraksi PKS, Fahmi Alaydroes juga sempat menerima nasib yang sama lantaran mikrofonnya mati kala mengajukan interupsi dalam rapat membahas Persetujuan Jenderal TNI, Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Lalu, ada sosok anggota DPR RI dari Fraksi PKS Syahrul Aidi Maazat yang tak sempat menyelesaikan aspirasinya lantaran mikrofon miliknya tiba-tiba mati di kala Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, pada Selasa (31/10/2023). 

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #daftar #kontroversi #puan #maharani #namanya #disebut #bakal #diusulkan #jadi #wapres #gantikan #gibran

KOMENTAR