Cibai Artinya Apa? Kata-kata Ini Viral di TikTok
Cibai Artinya Apa (freepik)
15:29
25 September 2024

Cibai Artinya Apa? Kata-kata Ini Viral di TikTok

Kata Cibai viral di sosial media akhir-akhir ini terutama Tiktok. Sebenarnya, kata cibai artinya apa?

Ditelusuri dari berbagai sumber, kata Cibai muncul di sosial media Indonesia ketika warganet memperhatikan YouTuber Ishowspeed. Ketika berkunjung ke Singapura, dalam livestreamnya, IShowspeed mengucapkan sesuatu yang terdengar seperi kata cibai.

Salah satu akun X tampak gagal fokus terhadap ucapan Ishowspeed, ia mengatakan dalam unggahannya di akun X bahwa Ishowspeed menyebut kata 'Cibai'.

"Speed ngomong cibai," tulis caption unggahan akun X sambil memposting foto IShowspeed. Postingan tersebut langsung menuai respon banyak netizen. Banyak warganet akhirnya penasaran cibai artinya apa.

Baca Juga: Sandiaga Uno Minta Maaf Ke Reza Arap Soal Pujian ke IShowSpeed

Pemilik akun Tiktok @/tjiajames kemudian menjelaskan bahwa kata cibai berasal dari bahasa Tiongkok Hokkien yang artinya alat kelamin perempuan. Akan tetapi, belum diketahui secara pasti apakah Ishowspeed benar-benar mengucapkan kata cibai yang merujuk pada kata dalam bahasa Tiongkok Hokkien tersebut.

Sejauh ini banyak warganet membahas arti kata Cibai ini. Semakin dalam ditelususi, kata Cibai bisa saja digunakan oleh masyarakat di Malaysia dan Singapura untuk memaki. Oleh karenanya, dalam budaya masyarakat setempat kata Cibai termasuk kata-kata kasar. Ketika seseorang marah, mereka bisa saja memuntahkan kata-kata Cibai dari mulut mereka.

IShowspeed sendiri menggunakan kata-kata tersebut saat melakukan livestreaming di Singapura. Kemungkinan ia belajar dari seorang warga lokal sebuah kata-kata kasar kemudian dia mempraktekkannya di depan kamera.

Namun, arti kata Cibai dalam budaya Indonesia berbeda. Cibai termasuk dari bahasa Sunda, berasal dari gabungan kata Aci dan Ngambay. Maka, di Jawa Barat, Cibai dikenal sebagai jajanan khas Jawa Barat yang bertekstur kenyal, terbuat dari tepung aci atau tapioka, lalu dibentuk kemudian diisi dengan berbagai macam isian.

Berdasarkan uraian arti kata Cibai yang ditemukan berbeda-beda dalam budaya, Singapura vs Indonesia, maka kosa kata ini sebaiknya tidak digunakan begitu saja. Seseorang bisa menggunakan nilai yang berbeda terhadap kosa kata tersebut, jika kata Cibai meluncur dari mulut kamu di hadapan orang yang menganggap itu sebagai kata kasar, maka bisa terjadi perdebatan.

Baca Juga: Di Indonesia Teriak 'Minggir Lu Miskin', IShowSpeed Malah Dikasih iPhone 16 Pro Max di Singapura: Jomplang Banget!

Demikian itu penjelasan kata Cibai artinya apa. Dari sini kita dapat belajar bahwa sebaiknya pelajari dulu asal usul sebuah kata sebelum menggunakannya. Salah dalam menerapkan bisa terjadi keributan. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cibai #artinya #kata #kata #viral #tiktok

KOMENTAR