5 Cara Agar Orang Menyukaimu, Dimulai dari Memperbaiki Keterampilan Komunikasi
Ilustrasi berkomunikasi. (Freepik)
11:06
25 September 2024

5 Cara Agar Orang Menyukaimu, Dimulai dari Memperbaiki Keterampilan Komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup ataupun mencukupi kebutuhannya sendiri, meskipun memiliki kedudukan dan kekayaan, manusia selalu membutuhkan manusia lain.

Bersosialisasi merupakan komponen kehidupan, sebagai bagian dari masyarakat kita perlu untuk saling berhubungan.

Namun, tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Dalam beberapa kasus, ada orang yang selalu memiliki kesan buruk setiap kali berada dalam sebuah obrolan, dan membuat orang lain tidak menyukainya.

Padahal, keterampilan komunikasi adalah kunci untuk semua hubungan dan interaksi kita dengan orang lain.

Jika kita tidak bisa mengkomunikasikan perasaan, orientasi, dan minat dasar kita, kita tidak akan bisa membangun hubungan yang kuat.

Namun, jangan khawatir karena hal itu bisa diperbaiki, dilansir dari Better Up, berikut adalah lima cara memperbaiki keterampilan komunikasi agar orang menyukaimu:

1. Jangan bertele-tele saat berbicara

Bersikap jelas dan lugas akan membawa Anda ke tempat yang lebih baik. Pilihlah kata-kata yang bijak, singkat, namun spesifik agar orang lain mudah memahami apa yang anda bicarakan.

Sebaliknya, jika Anda bertele-tele orang yang Anda ajak bicara mungkin akan merasa muak karena tidak langsung pada intinya, dan mereka mungkin akan mulai meragukan kemampuanmu.

2. Perlakukan orang dengan hormat

Kita mungkin berpikir bahwa sudah memperlakukan semua orang dengan baik, namun terkadang kita kehilangan rasa hormat terhadap orang lain tanpa disadari, terutama saat sedang emosi.

Jika Anda dapat secara konsisten menunjukkan kesopanan, bahkan di saat sulit, Anda akan menjadi lebih disukai.

Misalnya, saat Anda perlu menegur kesalahan teman, jangan berteriak atau memarahinya di depan banyak orang, lakukanlah secara pribadi dan dengan cara yang sopan.

Jika seseorang sedang sibuk dan Anda butuh bantuan, hormati waktu mereka dengan tidak mengganggunya kecuali jika itu mendesak.

3. Tahu kapan harus berhenti berbicara dan mendengarkan

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih, yang berarti ada bagian Anda berbicara, juga mendengarkan. Anda harus tahu kapan waktunya berhenti berbicara, dan mulai mendengarkan.

Fokuslah mendengarkan dengan seksama, mengajukan pertanyaan lanjutan, dan memberikan perhatian penuh kepada orang lain. Jangan terganggu oleh media sosial, pesan teks, dan lainnya.

Menjadi pendengar yang baik akan membuat mereka merasa di dengar, ini akan menunjukkan bahwa kita peduli dengan apa yang mereka katakan, dan akan membuat orang lain lebih menyukai kita.

4. Periksa pesan tertulis

Saat berkomunikasi secara tidak langsung, periksalah kembali pesan yang Anda ketik sebelum mengirimnya, terutama jika itu adalah email kerja atau tugas sekolah.

Kita semua kadang tidak sengaja membuat kesalahan tata bahasa, atau yang paling sering terjadi adalah kesalahan ketik, terkadang kesalahan arti bisa membuat komunikasi menjadi membingungkan, dan ini akan membuang lebih banyak waktu mereka untuk mendengarkan penjelasan dari kesalahan kita.

5. Sadar akan bahasa tubuh

Bahasa tubuh kita menyampaikan minat dan emosi sama seperti halnya kata-kata. Anda juga dapat langsung mengetahui apakah seseorang tertarik dengan percakapan berdasarkan ekspresi wajahnya.

Di saat Anda sedang mengobrol, fokuslah pada bahasa tubuh Anda, seperti condong ke depan, atau mengangguk saat orang lain berbicara, Jika Anda melakukan ini secara konsisten, orang lain akan lebih menyukai Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #agar #orang #menyukaimu #dimulai #dari #memperbaiki #keterampilan #komunikasi

KOMENTAR