Diributkan Netizen, Begini Asal-usul Harga Tiket Private Jet Kaesang Pangarep 'Cuma' Rp90 Juta
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram/@kaesangp)
14:43
24 September 2024

Diributkan Netizen, Begini Asal-usul Harga Tiket Private Jet Kaesang Pangarep 'Cuma' Rp90 Juta

Kaesang Pangarep telah mengklarifikasi perjalanannya ke Amerika Serikat yang kontroversial kepada KPK. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu mengaku bisa naik private jet ke Amerika Serikat karena ditebengi alias mendapat tumpangan dari temannya.

Namun warganet juga menyoroti beberapa kejanggalan dari klarifikasi tersebut, salah satunya total nilai perjalanan Kaesang yang setara dengan Rp360 juta. Diketahui Kaesang menumpangi private jet itu bersama Erina Gudono sang istri, Nadya Gudono sang ipar, serta seorang staf.

"Jadi kira-kira Rp90 juta, kalau berempat, kira-kira Rp360 juta kalau ditetapkan milik negara," terang Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung Juang KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023). [Suara.com/Dea]Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung Juang KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023). [Suara.com/Dea]

Pengakuan soal nilai perjalanan Kaesang dan rombongan yang cuma senilai Rp90 juta per orang ini yang banyak disangsikan. Pasalnya menurut warganet, angka tersebut bahkan lebih rendah daripada tiket pesawat komersial ke Amerika.

Baca Juga: Erina Gudono Comeback! Repost Video PBB Auto Kena Serang: Sok Iye

Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, akhirnya membocorkan perhitungan yang dilakukan hingga pihaknya bisa merumuskan nilai perjalanan Kaesang dengan private jet setara dengan Rp90 juta per orang.

Menurut Francine, KPK kala itu meminta Kaesang untuk melakukan self assessment terhadap perjalanannya ke Amerika Serikat. Salah satunya adalah diminta mengisi perkiraan nilai perjalanan yang dipermasalahkan tersebut.

"Karena diminta untuk melakukan self assessment, namanya nebeng, nggak tahu kan harganya, berapa sih naik pesawat jet pribadi itu?" kata Francine, seperti dikutip dari akun TikTok @/liputan6.sctv.

"KPK menyarankan, 'Ya sudah, kalau begitu untuk awal, self assessment ini diisi saja dengan kalau setara pesawat komersial, itu kira-kira berapa?'" sambungnya.

Karena itulah, pihak Kaesang lalu merujuk pada harga tiket pesawat komersial untuk rute Jakarta ke Amerika Serikat. Secara spesifik, yang dipilih adalah perjalanan dengan Business Class.

Baca Juga: Teka-teki Teman Kaesang Pangarep Pemilik Private Jet, Ternyata Ikut saat Berangkat ke Amerika?

"Makanya dari situ kita cari rujukannya adalah kelas bisnis untuk perjalanan dari Jakarta ke Amerika, makanya dapat angka Rp90 juta tadi per orang," tandas Francine.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #diributkan #netizen #begini #asal #usul #harga #tiket #private #kaesang #pangarep #cuma #rp90 #juta

KOMENTAR