Wajib Tahu! Ini 5 Dampak Kopi Terhadap Kesehatan Mental, Salah Satunya Mengurangi Rasa Lelah
Salah satu manfaat kopi untuk kesehatan mental adalah mengurangi rasa lelah (freepik)
07:00
24 September 2024

Wajib Tahu! Ini 5 Dampak Kopi Terhadap Kesehatan Mental, Salah Satunya Mengurangi Rasa Lelah

– Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Dilaporkan bahwa lebih dari 2.25 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari.

Namun, yang tidak banyak diketahui orang adalah bahwa minum kopi dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental. Penelitian terkini menunjukkan adanya korelasi antara asupan kafein dan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa dampak kopi terhadap kesehatan mental sebagaimana dilansir dari laman Balanced Mental Wellness, Selasa (24/9) sebagai berikut :

1. Dapat membantu meningkatkan kejernihan dan fokus mental

Bagi banyak dari kita, kopi merupakan bagian penting dari rutinitas harian kita. Kopi tidak hanya membantu kita bangun di pagi hari tetapi juga dapat memberi kita energi dan fokus yang kita butuhkan untuk menjalani hari.

Kandungan kafein dalam kopi dikenal sebagai stimulan sistem saraf pusat yang berarti dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan kejernihan mental.

Kafein juga berdampak positif pada memori dan kinerja kognitif menjadikannya alat yang berharga bagi pelajar dan profesional. Intinya kopi bisa membantu Anda berpikir lebih jernih dan fokus lebih efektif.

2. Meningkatkan tingkat energi dan mengurangi rasa lelah

Kebanyakan orang sudah familiar dengan efek kopi yang menyegarkan tetapi yang mungkin mereka sadari adalah bahwa kopi juga dapat membantu meningkatkan kadar energi dan mengurangi rasa lelah.

Kafein menghalangi reseptor di otak yang memproduksi neurotransmitter yang disebut adenosin. Adenosin membuat kita mengantuk jadi minum kopi bisa membuat kita terjaga dari tidur.

Selain itu, kafein juga meningkatkan kadar neurotransmitter lain seperti dopamin dan norepinefrin yang selanjutnya meningkatkan energi. Memang kopi sangat efektif dalam mengatasi rasa lelah sehingga sering digunakan oleh pekerja shift dan orang yang menderita jet lag.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia

Penyakit Alzheimer dan demensia merupakan dua kondisi yang paling ditakuti terkait dengan penuaan. Penyakit degeneratif ini dapat menyebabkan hilangnya ingatan, penurunan kognitif dan penurunan kemampuan fisik.

Meskipun tidak ada obat untuk Alzheimer atau demensia penelitian terkini menunjukkan kopi dapat membantu mengurangi risiko timbulnya kondisi ini.

Para ilmuwan percaya bahwa antioksidan dalam kopi membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Selain itu, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah dan berkurangnya peradangan.

4. Memiliki potensi lebih kecil menderita depresi

Menurut penelitian terkini, peminum lebih kecil kemungkinannya menderita depresi dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health ini menemukan bahwa orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil menderita depresi dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

5. Membantu melindungi otak dari kerusakan

Selama berabad-abad, kopi telah disebut-sebut karena kemampuannya untuk membangunkan pikiran dan tubuh.

Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi menawarkan lebih dari sekadar penambah semangat di pagi hari namun bisa melindungi otak dari kerusakan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi telah dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah. Satu penelitian menemukan bahwa orang yang minum satu atau dua cangkir kopi setiap hari memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #wajib #tahu #dampak #kopi #terhadap #kesehatan #mental #salah #satunya #mengurangi #rasa #lelah

KOMENTAR