Tanggal 30 September 2024 Hari Apa, Libur Atau Tidak?
Tanggal 30 September 2024 Hari Apa, Libur Atau Tidak? (freepik)
20:56
23 September 2024

Tanggal 30 September 2024 Hari Apa, Libur Atau Tidak?

30 September 2024 merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia. Lantas, 30 September 2024 hari apa?

30 September 2024 merupakan hari peringatan atas Pemberontakan G30S/PKI. Peristiwa ini merupakan sejarah kelam penculikan dan pembunuhan jenderal dan perwira TNI dalam G30S/PKI pada 30 September 1965.

Peristiwa ini diperingati setiap tahun untuk mempelajari sejarah pemberontakan PKI dan mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dalam insiden tersebut.

Sejarah Singkat G30S

Gerakan 30 September 1965 atau dikenal dengan sebutan G30S adalah salah satu pengkhianatan terbesar dalam sejarah Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada malam pada malam 30 September dan 1 Oktober, melibatkan Pasukan Cakrabirawa dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca Juga: Adakah Tanggal Merah Bulan Oktober 2024? Ini Update SKB 3 Menteri

Tujuan gerakan ini adalah menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. Gerakan ini diduga didalangi oleh D.N. Aidit, yang aktif mengajak masyarakat untuk mendukung PKI dengan janji kemakmuran di bawah pemerintahan komunis.

Gerakan ini menargetkan perwira tinggi TNI Angkatan Darat dan berhasil menculik enam jenderal, yakni Letjen Ahmad Yani, Mayjen R. Soeprapto, Mayjen Harjono, Mayjen S. Parman, Brigjen D.I. Panjaitan, dan Brigjen Sutoyo, serta satu perwira, Lettu Pierre Tendean.

Para jenderal tersebut diculik dan dibunuh, kemudian jenazahnya dibuang ke dalam lubang di Pondok Gede, Jakarta, yang dikenal sebagai Lubang Buaya.

Sementara itu, Panglima TNI, AH Nasution, yang menjadi target utama, berhasil melarikan diri. Namun sebagai gantinya, Ade Irma Nasution, putri AH Nasution, tewas akibat tembakan. Ade Irma tewas bersama ajudan ayahnya, Lettu Pierre Tendean.

Jenazah para korban di Lubang Buaya kemudian diangkat pada 4 Oktober 1965, dan sehari setelahnya, dilakukan pemakaman secara resmi. Para korban tersebut dikenang sebagai Pahlawan Revolusi, sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya untuk Indonesia.

Baca Juga: Kisah di Balik Ritual Masangin yang Mampu Ditembus IShowSpeed Saat Berpetualang ke Yogyakarta

Tanggal 30 September 2024 Libur atau Tidak?

Berdasarkan SKB 3 Menteri yang telah diterbitkan, tidak disebutkan bahwa 30 September 2024 merupakan tanggal merah atau hari libur nasional.

Bulan September 2024 hanya memiliki satu tanggal merah yang ditetapkan sebagai hari libur nasional, yaitu pada tanggal 16 September, yang diperingati sebagai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan G30SPKI pada tanggal 30 September dilakukan dengan mengadakan upacara di sekolah-sekolah dan instansi, serta mengibarkan bendera setengah tiang tanpa dijadikan hari libur.

Demikianlah informasi mengenai peringatan G30S/PKI yang jatuh pada tanggal 30 September 2024. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #tanggal #september #2024 #hari #libur #atau #tidak

KOMENTAR