Mitos atau Fakta, Perempuan Tidak Boleh Minum Soda Saat Haid?
Minuman bersoda/ tongpatong-freepik/
00:32
20 September 2024

Mitos atau Fakta, Perempuan Tidak Boleh Minum Soda Saat Haid?

Apakah kamu pernah ditegur karena minum soda ketika haid? Jika iya, sebutkan alasannya. Terkadang, kita sebagai perempuan bingung apa yang mendasari larangan minum soda saat menstruasi.

Minuman berkarbonasi merupakan jenis minuman yang memiliki gelembung gas hasil dari proses pengembangan karbon dioksida.

Banyak orang yang suka mengkonsumsinya dan merupakan minuman populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, dibalik popularitasnya, ternyata jenis minuman ini memiliki efek negatif pada tubuh.

Dilansir dari laman halodoc.com, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dibandingkan jenis makanan dan minuman manis lainnya.

Jika dikonsumsi dengan jumlah banyak dalam waktu lama, dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas, dan kanker.

Selain itu, dapat memicu naiknya asam lambung karena kandungan asam fosfat dan karbonat yang mempengaruhi pH pada lambung. Hal ini menyebabkan terjadinya mual, kembung, dan sakit perut.

Beberapa orang sering mengaitkan tentang minuman berkarbonasi dengan haid yang dialami perempuan. Diantara banyaknya opini, berikut adalah yang paling umum ditemui, yaitu:

1. Minum soda bermanfaat untuk melancarkan haid

2. Nyeri haid dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi minuman berkarbonasi

Dari kedua opini tersebut, tentu kamu pernah mendengar salah satunya.

Menurut dr. Grace Judio-Kahl, yang dilansir dari laman menstruasi.com, tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda berkhasiat untuk melancarkan haid pada perempuan.

Sebaliknya, dr. Grace mengatakan, ada beberapa efek buruk yang dapat diakibatkan oleh minum soda saat haid, yaitu:

1. Rentan mengalami sakit kepala

2. Menyebabkan perut kembung

3. Memicu terjadinya kram perut

Dapat disimpulkan bahwa tidak ada kaitannya minum soda dapat melancarkan haid, jika kamu mendengar opini tersebut maka hal itu merupakan mitos belaka.

Dilansir dari laman Kominfo.go.id, pihaknya sampai membuat pernyataan khusus mengenai pernyataan yang mengatakan bahwa minum soda dapat memperlancar haid ataupun berkhasiat menghilangkan bau tidak sedap adalah hoax semata.

Namun, penjelasan mengenai larangan tidak boleh minum soda saat haid benar adanya sesuai apa yang dikatakan dr. Grace, tidak boleh di sini bukan karena minuman berkarbonasi dapat membekukan darah haid, namun lebih kepada efeknya yang negatif ketika dikonsumsi saat haid.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mitos #atau #fakta #perempuan #tidak #boleh #minum #soda #saat #haid

KOMENTAR