Mengenal Mambosuri, Acara 7 Bulanan Adat Batak yang Dijalani Jessica Mila
Potret Jessica Mila Jalani Prosesi 7 Bulanan (Instagram/jscmila)
20:00
22 Januari 2024

Mengenal Mambosuri, Acara 7 Bulanan Adat Batak yang Dijalani Jessica Mila

Jessica Mila tengah berbahagia menanti kelahiran anak pertamanya. Kini, usia kandungan istri Yakup Hasibuan itu sudah memasuki bulan ketujuh.

Untuk merayakan tujuh bulanan, mereka pun menggelar acara adat Batak, yaitu Mambosuri. Seperti diketahui, keluarga Yakup Hasibuan begitu memegang teguh tradisi leluhurnya.

"Jadi emang ini suatu rangkaian adat Batak, Mambosuri. Suatu doa dari keluarga untuk mendoakan Mila agar proses kelahiran diberikan kelancaran. Walaupun kita ini muda-muda, tapi kita emang suka beradat dan mau melestarikan adat," terang Yakup Hasibuan, dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi, Senin (22/1/2024).

Potret Jessica Mila Jalani Prosesi 7 Bulanan (Instagram/jscmila)Potret Jessica Mila Jalani Prosesi 7 Bulanan (Instagram/jscmila)

Mengenal Mambosuri, Acara 7 Bulanan Masyarakat Batak

Mambosuri merupakan rangkaian acara adat dari Suku Batak Toba yang diperuntukkan kepada calon ibu, di mana usia kehamilannya telah mencapai 7 bulan.  

Acara mambosuri akan dihadiri oleh keluarga dari pihak lelaki (paranak) dan pihak perempuan (parboru) dengan tujuan mendoakan kelancaran kelahiran bayi.

Pihak hulahula (mertua lelaki) akan menyiapkan dan membawa makanan dan perlengkapan adat khas batak ke tempat tinggal pasangan tersebut.

Salah satu prosesi yang dijalankan adalah memberikan dekke (ikan mas arsik) dari pihak perempuan (parboru) ke calon ibu. Nantinya si calon ibu akan disuapi dekke sebanyak 3 kali dan minum sebanyak yang 3 kali.

Selain itu, pihak parboru menyerahkan ulos (biasanya menggunakan ulos ragidup atau bintang maratur) kepada si calon ibu.

Ulos tersebut diisi buah pinang muda sebagai sebagai simbol kebahagiaan dalam memiliki keturunan dengan umur yang panjang.

Dalam upacara ini, paranak juga menyiapkan sejumah uang dalam amplop yang diserahkan kepihak mertua suami saat acara selesai sebagai ucapan terima kasih.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #mengenal #mambosuri #acara #bulanan #adat #batak #yang #dijalani #jessica #mila

KOMENTAR