Ini Bedanya Batik Indonesia dan Malaysia, Bikin Bingung iShowSpeed
Batik Indonesia vs Batik Malaysia [https://www.infobatik.com/]
12:30
19 September 2024

Ini Bedanya Batik Indonesia dan Malaysia, Bikin Bingung iShowSpeed

Momen YouTuber asal Amerika Serikat, IShowSpeed berkunjung ke Malaysia sukses mencuri perhatian. Speed sempat tampil mengenakan batik saat naik taksi. Dalam video yang diunggah di akun X @AffanIbnani, Speed menyebut bahwa dia sedang googling tentang asal usul batik.

"Batik is from Indonesia, where is batik from?" tanya Speed.

Tak lama kemudian Speed menemukan fakta bahwa batik berasal dari Indonesia. Sayangnya sang supir taksi kekeuh menyebut batik bukan berasal dari Indonesia tapi Malaysia.

Baca Juga: Kisah Eliano Reijnders 1,5 Tahun Gantung Tawaran Naturalisasi Timnas Indonesia, Endingnya Mengharukan

"Batik is from Malaysia, batik is Malaysian," kata sang supir.

Speed lalu menyebut dalam hasil pencariannya, batik berasal dari Indonesia khusunya Jawa. Tapi lagi-lagi supir taksi menyebut batik berasal dari Malaysia. Lantas apa perbedaan Batik Malaysia dan Indonesia? Simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Batik Malaysia dan Indonesia

Batik Indonesia vs Batik Malaysia [https://www.infobatik.com/]Batik Indonesia vs Batik Malaysia [https://www.infobatik.com/]

UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Namun Malaysia juga mengklaim batik sebagai warisan leluhur mereka.

Walau begitu ada perbedaan antara batik Indonesia dan batik Malaysia. Meski begitu, batik Indonesia maupun batik Malaysia punya keunikan dan perbedaan cukup mencolok meski jika dilihat tampak serupa.

1. Sejarah

Baca Juga: Mees Hilgers: Main untuk Belanda Menarik, Tapi Perkuat Timnas Indonesia Hal Spesial

Perbedaan paling mendasar antara batik Indonesia dan batik Malaysia dapat dilihat dari sejarahnya. Batik Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran agama Islam di Jawa. Batik lalu mulai dikembangkan pada masa kerajaan Mataram, kemudian berlanjut di masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Sementara itu dari beberapa referensi, batik Malaysia merupakan karya seni yang berasal dari wilayah pesisir timur Malaysia. Dalam sejarahnya, batik Malaysia disebut seni tekstil dari wilayah Kelantan, Pahang dan Terengganu.

2. Teknik Pembuatan

Perbedaan lainnya antara batik Indonesia dan batik Malaysia terletak pada teknik pembuatan batiknya. Jika di Indonesia, ada dua teknik pembuatan batik yakni menggunakan cap dan tulis. Pada batik tulis, pengrajin atau seniman batik akan membuat pola dan corak batik menggunakan canting dan lilin.

Sementara itu Batik Malaysia dibuat dengan cara melukis pada sebuah kain. Jika di Indonesia, teknik ini dikenal dengan istilah mencolet dimana corak dibuat dengan menggunakan kuas pada sebuah kain.

3. Motif dan Corak

Batik Malaysia dan batik Indonesia pun cukup berbeda dalam hal motif dan corak. Batik Indonesia memiliki ratusan motif dan corak karena tergantung wilayah masing-masing di Indonesia.

Apalagi Batik Indonesia juga dibuat dengan penuh arti karena setiap motifnya memiliki filosofi tersendiri yang amat mendalam. Hal yang pertama paling terlihat adalah pada segi gambar. Batik Indonesia punya beragam gambar dengan filosofi berbeda.

Sedangkan gambar batik Malaysia lebih condong ke corak tumbuhan dan bunga. Bahkan gambar bunga batik Malaysia pun memiliki corak warna berbeda dengan batik Indonesia.

Pada batik Indonesia cenderung menggunakan warna emas, hitam dan cokelat. Sedangkan pada batik Malaysia, warna yang digunakan sangat kontras seperti merah muda, ungu dan hijau atau cenderung menggunakan warna cerah.

4. Harga

Dalam segi harga, baju batik Malaysia rupanya memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karenanya, banyak penjual batik Malaysia memilih menggunakan teknik printing untuk menekan harga produksi.

Sementara itu batik Indonesia, harga yang ditawarkan tergantung dari motif, corak dan teknik pembuatan serta kain yang digunakan. Batik tulis umumnya memiliki harga lebih tinggi karena tekniknya lebih sulit dibandingkan batik cap. Selain itu motif batik tulis juga cukup beragam dan unik sehingga lebih spesifik dan personal.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #bedanya #batik #indonesia #malaysia #bikin #bingung #ishowspeed

KOMENTAR