Sudah Mulai Musim Hujan: Ini 7 Tips Agar Kamu Tetap Sehat Meski Berada di Musim Hujan!
Ilustrasi musim hujan. (Pexels)
06:44
16 September 2024

Sudah Mulai Musim Hujan: Ini 7 Tips Agar Kamu Tetap Sehat Meski Berada di Musim Hujan!

 

Akhir-akhir ini beberapa daerah telah disibukkan dengan langit mendung yang mulai terlihat ketika siang atau menjelang sore. Hal ini merupakan tanda bahwa musim hujan sebentar lagi tiba.

Ada banyak kegembiraan yang datang bersama dengan musim hujan. Ada ibu-ibu yang jadi tidak perlu menyiram tanaman sesering sebelumnya, ada petani yang bahagia mendapatkan air, sampai sesederhana anak kecil yang suka main hujan.

Selain kegembiraan tersebut, ada juga hal-hal lain yang harus dikhawatirkan akibat hujan. Mulai dari rembesan di rumah, jemuran yang perlu diangkat, sampai kejadian paling sering terjadi akibat hujan yakni sakit.

Seseorang bisa jadi sakit akibat secara sengaja maupun tidak sengaja hujan-hujanan. Dari yang gerimis maupun yang deras, seseorang yang terkena hujan bisa mengalami dampak flu sampai demam.

Oleh karenanya, perlu pertahanan diri yang baik untuk melindungi diri dari hujan. Dipetik dari Fortis Healthcare dan Nurture, berikut ini merupakan 7 tips agar kamu tetap sehat meski berada di musim hujan:

1. Hindari Jajan Sembarangan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari jajan sembarangan. Jajan sembarangan yang dimaksud adalah membeli berbagai macam jajanan yang dijual dengan bebas di jalanan seperti gorengan, makanan instan, dan minuman manis.

Di musim hujan, banyak bakteri dan penyakit yang mengincar tubuh manusia. Terutama di jalanan, kemungkinan untuk terkena mikroorganisme berbahaya di makanan dan minuman yang dibeli lebih besar ketimbang di musim biasa. Oleh karenanya, tidak disarankan untuk makan jajan sembarangan yang ada di jalan.

2. Perhatikan Makan dan Minum

Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan makan dan minum. Di tengah musim hujan dengan banyak penyakit menyerang, kamu perlu memperhatikan asupan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi berada dalam komposisi yang sehat seperti sayur dan buah-buahan.

Selain makanan, kamu juga bisa memperhatikan jumlah minum air putih ke tubuh. Dengan air putih yang cukup, tubuh bisa lebih fit dan menangkal penyakit yang ada. Tidak hanya jumlah air, kebersihan dan sumber dari air yang kamu minum juga harus diperhatikan. Jangan sampai kamu minum sembarang air.

3. Buang Genangan Air di Rumah

Tips ketiga yang bisa kamu lakukan untuk bsia menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan mengecek seisi rumah. Kamu bisa memastikan apakah ada genangan air yang tidak mengalir di dalam maupun luar rumah. Ketika ada, kamu bisa membuang genangan tersebut ke tanah.

Hal ini dikarenakan genangan air yang tidak bergerak adalah sarang yang tepat untuk nyamuk meletakkan telur den menjaid tempat berkembang biak generasi nyamuk selanjutnya. Dengan membuang genangan air, kamu bisa menghilangkan kemungkinan rumahmu jadi sarang nyamuk dan penyakit.

4. Tidur di Waktu yang Cukup

Tips keempat yang bisa kamu terapkan demi tubuh sehat ketika musim hujan adalah dengan tidur pada waktu yang cukup. Ketika seseorang kurang tidur atau pola tidur berantakan, mereka bisa memiliki kemungkinan terkena penyakit ringan di musim hujan lebih besar. 

Dengan menjaga kesehatan salah satunya dengan tidur pada wkatu cukup, kamu bisa melindungi diri sendiri dari risiko penyakit. Mulai dair flu, batuk, demam bisa dihindari apabila tubuh berada dalam kondisi fit. Kamu bisa mengurangi bangun hingga larut malam dan tidur di waktu yang ideal.

5. Cuci Tangan Rutin dan Bersih

Tips kelima yang juga bisa kamu terapkan dalma hidup demi tubuh sehat dimasa hujan sekalipun adalah dengan mencuci tangan secara rutin dan bersih. Dengan cuci tangan rutin, hal ini bisa mencegah bakteri atau penyakit menular lain masuk kedalam tubuhmu di musim hujan.

Proses cuci tangan juga harus dilakukan dengan baik dan benar demi keooptimalan dan keefektifan dalam melindugi tubuh. Kamu harus mencuci tangan hingga ke sela dan menggunakan sabun yang bisa menghilangkan segala kotoran yang mungkin ada di tanganmu.

6. Hindari Terkena Hujan

Tips keenam yang bisa kamu terapkan dengan mudah demi hidup sehat di musim hujan adalam dengan menghindari terkena hujan. Apabila ada keadaan tidak sengaja dimana kamu harus terkena hujan, pastikan tidak terkena air atau tidak basah dengan semaksimal mungkin.

Kamu bisa membawa payung atau jas hujan kemana-mana demi pencegahan. Atau, kamu bisa menaiki transportasi lain apabila merasa akan kebasahan ketika jalan kaki. Hal ini dikarenakan akibat kehujanan, kamu bsia jatuh sakit seperti flu akibat kedinginan sampai demam.

7. Konsumsi Vitamin Tambahan

Terakhir, tips yang bisa kmau terapkan dengan baik adalah mengonsumsi vitamin tambahan. Makan dan minum dalam porsi cukup dan dengan bahan-bahan yang sehat memang baik, namun kehadiran vitamin akna jadi pelengkap yang lebih baik lagi.

Kamu bisa mengambil multivitamin untuk melindungi diri sendiri dari kemungkinan terken apenyakit ketika musim hujan. Beberapa vitamin yang disarankan tentunya adalah Vitamin C yang bisa membantu kesehatan tubuh.

Ketujuh poi diatas merupakan beberapa tips untuk bisa tetap sehat ketika musim hujan. Tidak perlu khawatir, kamu bisa melewati musim hujan tanpa sakit apabila kamu menerapkan tips ini dengan baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sudah #mulai #musim #hujan #tips #agar #kamu #tetap #sehat #meski #berada #musim #hujan

KOMENTAR