Hukum Islam Suami Pelit Sama Istri, Baim Wong Diduga Miliki Sifat Ini
Paula Verhoeven - Baim Wong (Instagram)
16:23
14 September 2024

Hukum Islam Suami Pelit Sama Istri, Baim Wong Diduga Miliki Sifat Ini

Di tengan rumor perceraiannya dengan Paula Verhoeven, Baim Wong tak hentinya diterpa hal kurang mengenakkan. Kali ini Baim Wong dituding pelit kepada istrinya sendiri. Untuk menanggapi isu Baim wong disebut pelit, mari simak tentang hukum Islam suami pelit sama istri berikut.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu belakangan ini Baim Wong dan Paula Verhoeven santer dirumorkan akan bercerai. Meski berita itu kini semakin memanas, keduanya sama-sama masih bungkam. Namun, baik Paula atau Baim sudah jarang terlihat menghabiskan waktu bersama.

Malahan, kini Baim Wong dituding sebagai suami yang pelit terhadap istrinya. Kabar tak mengenakkan ini mencuat usai video lawas Paula yang menyinggung tak dapat uang perawatan dari suaminya, dan akhirnya viral di media sosial.

Lantas bagaimanakah hukum Islam mengenai suami yang pelit kepada Istrinya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Tanpa Paula Verhoeven, Baim Wong Hanya Ditemani Anak di Gala Premiere Filmnya

Baim Wong Disebut Pelit, Hukum Islam Suami Pelit Sama Istri

Melansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa laki-laki yang berani untuk meminang perempuan pilihannya, harus siap bertanggung jawab penuh atas kehidupan sang istri. Tanggung jawab itu baik secara lahir atau batin. Jika suami perhitungan atau pelit kepada istri, sesungguhnya Allah SWT sangat membencinya.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadis dari HR. Muslim bahwa Nabi SAW pernah bersabda:

فاتقوا الله في النساء فإنكم أخذتموهن بأمان الله، واستحللتم فروجهن بكلمة الله

Artinya: “Bertakwalah kalian kepada Allah dalam urusan wanita. Sesungguhnya kalian telah mengambil mereka dengan amanat dari Allah dan menghalalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah.“ (HR. Muslim).

Baca Juga: Ledek Baim Wong, Oka Antara Sebut Kisruh Paula Verhoeven Bagian Gimmick Film Lembayung

Sementara itu, kewajiban seorang suami untuk menafkahi istri dan anak-anaknya, disebutkan pada QS. Al-Baqarah Ayat 232 yang berbunyi:

وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Artinya: "Kewajiban ayah memberi makan dan pakaian (nafkah) kepada istri dengan cara ma'ruf," (QS. Al-Baqarah Ayat 232).

Dijelaskan pula bahwa memberi nafkah kepada istri bukan hanya suatu kewajiban bagi suami melainkan bisa jadi jalan untuk kelapangan rezeki. Pernyataan ini berdasarkan firman Allah SWT dalam QS. At-Talak Ayat 7 yang berbunyi:

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ ۖ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Artinya: "Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan," (QS. At-Talak Ayat 7).

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa hukum Islam suami pelit sama istri adalah haram. Bahkan suami yang perhitungan kepada istri akan mendapat azab dari Allah SWT.

Bagaimana Istri Menyikapi Suami Pelit?

Berdasarkan hukum Islam, seorang istri berhak untuk mengambil harta dari sang suami yang pelit tanpa sepengetahuannya. Ketentuan ini pun pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW ketika ditemui Hindun binti ‘Utbah radhiallaahu ‘anha yang kala itu mengadukan suaminya, Abu Sufyan. Kisah tersebut tertulis di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

"Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam ia berkata; Telah mengabarkan kepadaku bapakku dari Aisyah bahwa Hindu binti Utbah berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan adalah seorang laki-laki yang pelit. Ia tidak memberikan kecukupan nafkah padaku dan anakku, kecuali jika aku mengambil dari hartanya dengan tanpa sepengetahuannya." Maka beliau bersabda: "Ambillah dari hartanya sekadar untuk memenuhi kebutuhanmu dan juga anakmu dengan cara yang ma’ruf." (HR. Bukhari)

Adapun yang menjadi hak istri atas suaminya yaitu mendapatkan nafkah pokok dengan cara ma'ruf. Perintah tersebut tertuang dalam Surat Al Baqarah ayat 233. Allah SWT berfirman yang bunyinya:

وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوف

Artinya: “Kewajiban ayah memberi makan dan pakaian (nafkah) kepada para istri dengan cara ma’ruf." (QS. Al-Baqarah : 232)

Dalam jurnal ilmiah berjudul “Interpretasi Makna Makruf Dalam Pemberian Nafkah” karya Milda Hariad, arti kata maruf adalah nafkah atau dana yang diberikan oleh suami sehingga sanggup untuk memenuhi kebutuhan material Istri dan keluarganya.

Mengenai ayat itu, para ulama pun sepakat, tindakan mengambil sebagian harta suami yang pelit secara diam-diam bukanlah bentuk ketidakhormatannya kepada suami. Sebab, Nabi Muhammad SAW pun tidak mengatakan jika perbuatan itu adalah haram.

Demikian tadi ulasan tentang Baim Wong disebut pelit, hukum Islam suami pelit sama istri. Sampai sejauh ini tudingan Baim Wong pelit belum terbukti, sebab itu hanya spekulasi dari beberapa warganet setelah mengetahui pengakuan Paula yang tidak mendapat uang jatah perawatan.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #hukum #islam #suami #pelit #sama #istri #baim #wong #diduga #miliki #sifat

KOMENTAR