Switch Career Sudah Menjadi Tren dan Dianggap untuk Mengubah Masa Depan yang Lebih Baik
Ilustrasi dua perempuan yang sedang berdiskusi. (Pexels/Antoni Shkraba)
17:22
13 September 2024

Switch Career Sudah Menjadi Tren dan Dianggap untuk Mengubah Masa Depan yang Lebih Baik

- Berpindah karir atau akhir-akhir ini sering dikenal sebagai switch career adalah langkah yang dipilih seseorang mengejar tujuan pribadi yang lebih besar, mencari kepuasan kerja yang lebih baik, atau bahkan menemukan minat baru yang selama ini belum sempat dijelajahi.

Banyak orang memutuskan untuk switch career karena merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang monoton, ingin meraih keseimbangan hidup yang lebih baik, atau merasa tidak lagi cocok dengan jalur karier yang telah mereka pilih sebelumnya.

Meskipun switch career tampak sulit dan menantang, namun banyak yang berhasil menemukan kesuksesan dan kepuasan melalui perubahan ini. Dilansir dari Thebalancemoney.com, Jumat (13/9), berikut 10 langkah penting untuk membantu Anda saat ingin melakukan switch career dengan sukses dan percaya diri.

1. Nilailah seberapa puas Anda dengan pekerjaan saat ini

Cobalah untuk membuat catatan harian tentang bagaimana perasaan Anda terhadap berbagai situasi di tempat kerja, lalu cari pola yang sering muncul. Bagian mana dari pekerjaan yang Anda sukai dan mana yang tidak? Apakah ketidakpuasan Anda berhubungan dengan tugas yang Anda kerjakan, budaya perusahaan, atau rekan kerja? Sambil melakukan hal ini, pikirkan beberapa langkah yang bisa Anda ambil di pekerjaan sekarang untuk mempersiapkan diri jika nantinya Anda memutuskan untuk switch career.

2. Ketahui minat, keterampilan, dan kemampuan yang ada pada diri Anda

Lihat kembali peran, pekerjaan, proyek, atau hal lain yang pernah Anda lakukan di masa lalu dan temukan aktivitas dan keterampilan yang paling Anda sukai dan nikmati. Pertimbangkan apakah nilai dan keterampilan utama Anda saat ini sudah terpenuhi atau belum dalam karier Anda.

3. Pertimbangkan karir lain yang ingin dipilih

Lakukan riset untuk mencari tahu berbagai pilihan karier yang sesuai dengan Anda, dan diskusikan nilai serta keterampilan Anda dengan teman, keluarga, atau seseorang yang profesional. Jika kesulitan menemukan ide, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan konselor karier untuk mendapatkan saran profesional.

4. Telusuri berbagai pilihan pekerjaan lain

Lakukan evaluasi awal terhadap beberapa bidang karier untuk menentukan mana yang ingin Anda pelajari lebih lanjut. Anda bisa menemukan banyak informasi secara online dengan mengetikkan pekerjaan yang Anda minati di Google.

5. Lakukan pendekatan secara pribadi

Cari tahu sebanyak mungkin tentang bidang-bidang yang Anda minati dan hubungi orang-orang di bidang tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Relasi dari kampus juga bisa dijadikan sumber informasi. LinkedIn juga merupakan tempat yang bagus untuk menemukan kontak di bidang karier yang Anda minati.

6. Cobalah untuk melakukan job shadowing

Ikuti para profesional di bidang yang Anda minati untuk melihat langsung seperti apa pekerjaan mereka. Luangkan beberapa jam hingga beberapa hari untuk mengikuti orang-orang yang pekerjaannya menarik bagi Anda. Kantor karier perguruan tinggi bisa menjadi tempat yang bagus untuk menemukan alumni yang bersedia menjadi pembimbing untuk job shadowing.

7. Cobalah hal baru

Temukan kegiatan sukarela atau pekerjaan lepas yang berkaitan dengan bidang karier yang Anda minati untuk menguji minat Anda. Misalnya, jika Anda tertarik berkarier di bidang penulisan, cobalah menjadi penulis artikel. Jika Anda tertarik bekerja dengan anak-anak, jadilah sukarelawan di sekolahan.

8. Ikut pelatihan untuk mendalami bidang baru

Cari peluang pendidikan yang dapat menghubungkan latar belakang Anda dengan karier baru yang Anda minati. Pertimbangkan untuk mengambil pelatihan di perguruan tinggi atau kursus online. Anda juga bisa mengikuti seminar. Hubungi kelompok profesional di bidang yang Anda tuju untuk mendapatkan saran.

9. Tingkatkan keterampilan atau kemampuan yang dimiliki

Cari cara untuk mengembangkan keterampilan baru di pekerjaan Anda saat ini yang bisa membantu Anda beralih karier. Misalnya, jika menulis proposal bisnis penting di bidang baru Anda, coba tawarkan untuk menulis proposal di pekerjaan Anda yang sekarang. Jika perusahaan Anda menyediakan pelatihan, daftarlah untuk mengikuti sebanyak mungkin kelas. Ada banyak cara untuk mempersiapkan diri untuk mengubah karir tanpa harus kembali sekolah atau berkuliah.

10. Pertimbangkan posisi baru tapi di industri yang sama

Temukan posisi alternatif dalam bidang yang sudah Anda kenal yang bisa menggunakan pengetahuan yang dimiliki. Misalnya, jika Anda seorang manajer toko di jaringan ritel yang lelah dengan jam kerja malam, pertimbangkan pindah ke bagian perekrutan dalam industri ritel. Atau jika Anda seorang programmer yang tidak ingin terus memprogram, pertimbangkan pekerjaan di bagian penjualan teknis atau manajemen proyek.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #switch #career #sudah #menjadi #tren #dianggap #untuk #mengubah #masa #depan #yang #lebih #baik

KOMENTAR