Memelihara Anabul Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi: Anjing peliharaan. (Istimewa)
17:36
11 September 2024

Memelihara Anabul Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan Mental

Anabul alias anak bulu belakangan sering jadi bahasan di media sosial mengacu pada seseorang yang merupakan penyayang binatang. Paling sering, pecinta anabul ini memelihara kucing atau anjing. Saking sayangnya, makanya disebut sebagai anak bulu.    Bukan sekadar suka saja, ternyata memiliki hewan peliharaan seperti misalnya kucing atau anjing ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama dari sisi psikologis pemiliknya, lho.   Siapa pun yang memiliki hewan peliharaan memahami bahwa ada banyak manfaat penting dalam hubungan antara hewan peliharaan dan pemiliknya, dan para peneliti telah lama mengetahui bahwa ada beberapa keuntungan psikologis yang mendalam.  

  Dilansir dari Colorado Pain Care, penelitian yang dilakukan hampir 30 tahun lalu menunjukkan bahwa ada banyak perubahan fisiologis yang terjadi saat Anda berinteraksi dengan anjing yang ramah termasuk tekanan darah rendah, detak jantung melambat, dan otot-otot rileks.   Sejak saat itu, hewan telah menjadi bagian penting dalam banyak terapi kesehatan mental. Salah satu yang paling umum adalah penggunaan anjing sebagai mitra pendukung emosional. Kini telah diketahui bahwa anjing mengurangi stres dengan berbagai cara yang dapat meredakan kecemasan dan masalah kesehatan mental lainnya.  

  Kebanyakan orang menyadari bahwa ada respons yang menyenangkan bagi Anda dan anjing saat Anda mengelusnya, tetapi sedikit yang memahami interaksi kimia kompleks yang terjadi. Interaksi semacam ini menurut penelitian medis disebut bisa menghasilkan hormon oksitosin yang merupakan hormon yang berperan dalam mengikat ibu dan bayi.   Oksitosin diproduksi di hipotalamus dan dilepaskan selama berhubungan seks, menyusui, dan melahirkan. Oksitosin berperan penting dalam ikatan emosional dan pengakuan sosial. Oksitosin sering disebut sebagai "hormon cinta" karena kadarnya meningkat pada orang yang sedang terangsang secara romantis.   Oksitosin juga penting dalam respons stres. Satu studi tahun 2006 terhadap tikus tanah mamalia menemukan bahwa jika mereka diberi oksitosin, tingkat kecemasan, depresi, dan stres jantung mereka menurun. Studi lain menunjukkan bahwa hormon ini mungkin penting dalam kesetiaan pasangan karena merangsang pusat kesenangan di otak.   Nah, bermain dengan anjing akan meningkatkan produksi oksitosin pada manusia dan hewan peliharaan. Cukup dengan melakukan kontak mata untuk memulai jalur neurokimia ini. Umpan balik positif inilah yang membuat orang mudah terikat dengan anjing dan menjadi hewan pendukung emosional yang baik.   Hormon ini mungkin memainkan peran penting dalam meredakan kecemasan anak-anak. Sebuah studi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit terhadap 643 anak menemukan bahwa 21 persen anak yang tidak memiliki anjing dinyatakan positif mengalami kecemasan sementara hanya 12 persen anak yang memiliki anjing dinyatakan positif.   Selain proses biokimia yang terjadi saat kita berinteraksi dengan anjing, kita juga memperoleh manfaat psikologis dari menjadi pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Penting bagi orang untuk merasa dibutuhkan, meskipun perasaan itu berasal dari hewan peliharaan. Kepedulian terhadap orang lain dapat memberikan makna dan tujuan yang dapat meningkatkan harga diri.   Manfaat lainnya bagi kesehatan mental dengan memelihara anabul antara lain:   - Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi Meredakan kesepian. - Meningkatkan kesehatan mental. - Membantu pulih secara psikologis dari krisis. - Meningkatkan efek terapeutik.  

  Namun demikian, memelihara hewan kesayangan seperti anjing ternyata tidak boleh asal, apalagi sembarangan. Terutama dari sisi pakan dan kecukupan gizinya.   Memahami kompleksitas kebutuhan nutrisi anjing, PT Mins Pet Indonesia (MINS PET), pemilik brand Captain Cat meluncurkan Captain Dog di ajang Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2024. Bertempat di booth Captain bertema “Beyond Wonderland” di Hall 8, Booth C138, ICE BSD, Captain Dog mengklaim hadir untuk menjawab kebutuhan para dog lovers akan produk makanan anjing berkualitas tinggi yang diformulasikan khusus sesuai usia, dengan harga yang terjangkau.   "Kami menyadari bahwa setiap anjing adalah individu unik dengan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Captain Dog hadir untuk memberikan solusi praktis dan berkualitas bagi para dog lovers agar dapat memberikan yang terbaik untuk anjing kesayangan di setiap fase kehidupannya," ujar Ahmad Fachrur Rivai, Co-Founder PT. Mins Pet Indonesia di Tangerang baru-baru ini.   Captain Dog sendiri menghadirkan dry food dan wet food dengan formulasi khusus dan varian rasa yang lezat seperti Rotisserie Beef Herbs, Lamb Selection, Premium Wagyu Beef, dan Black Chicken. Dibuat dengan kemasan fresh pack, produk pakan anabul tersebut diyakini mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, termasuk Omega 3 dan Omega 6.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #memelihara #anabul #ternyata #punya #manfaat #bagi #kesehatan #mental

KOMENTAR