6 Tipe MBTI ini Menyalurkan Perasaan Lewat Menangis, Tipe NT jadi Paling Malu saat Menangis
Ilustrasi seseorang dengan tipe MBTI ini dalam menyalurkan emosi lewat tangisan. (Foto: Unsplash/Muhammad Faiz Zulkeflee)
18:42
10 September 2024

6 Tipe MBTI ini Menyalurkan Perasaan Lewat Menangis, Tipe NT jadi Paling Malu saat Menangis

- Ketika dihadapkan pada kabar duka, menonton film sedih, ataupun keadaan yang tidak baik, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk meresponnya. Ada yang mudah mengeluarkan air mata, ada juga yang tampak tak memiliki perasaan karena tidak pernah terlihat menangis.

Salah satu yang bisa menjelaskan perbedaan itu adalah MBTI. Tipe kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Indicator dapat memberikan penjelasan tentang bagaimana cara seseorang dalam menangani berbagai macam emosi, seperti menangis, berbagai perasaan, hingga bereaksi terhadap apa yang mereka alami.

Salah satunya saat menangis. Beberapa orang memiliki respon yang berbeda dalam menangani respon alami manusia ini. Ada yang canggung dan ada yang nyaman saat harus menangis di depan umum.

Dilansir dari psychologyjunkie.com, 6 tipe MBTI ini memiliki respon alami yang berbeda saat menangis, baik itu karena sedih maupun saat menonton film.

ENTJ

ENTJ menjadi tipe kepribadian yang paling canggung saat harus menangis di depan umum. Mereka tentu akan mati-matian untuk menghilangkan perasaan sedih atau menutupi tangisan mereka.

Tipe pemikir ini umumnya cenderung lebih mengutamakan logika daripada emosi. Jadi menangis menjadi salah satu yang tidak cocok dengan karakter ENTJ.

Begitu pula saat menonton film. Tipe ini jarang mengeluarkan emosi dan ikut terbawa alur cerita dan karakter dari film yang ditonton.

Tipe ini biasanya lebih suka menggunakan logika saat menonton dibandingkan harus mengikuti bagaimana perasaan karakter film.

ENTP

Tipe kepribadian ini sangat jarang menangis di depan orang lain. Ketika dia merasa harus menangis, biasanya mereka akan langsung mengalihkan pada hal lain. Misalnya dengan membuat lelucon yang dapat mengalihkan perhatian.

Banyak tipe NT yang menganggap menangis di depan umum sebagai tanda kegagalan dalam diri mereka. Menangis dianggap sebagai kelemahan yang bisa membuat mereka malu.

Tipe ini juga bukan orang yang mudah menangis saat menonton film. Tipe ini lebih banyak melakukan analisa alur cerita atau karakter dibandingkan ikut larut dalam emosi yang ditampilkan pemainnya.

INTP

Tipe yang juga masuk dalam NT ini adalah INTP. Mereka cenderung sangat malu Ketika harus menangis di depan banyak orang. Mereka menganggap menangis menjadi salah satu tanda hilangnya kendali diri.

Beberapa juga merasa menangis di depan umum menjadi sifat yang bertolak belakang dan tidak sesuai dengan tipe pribadi mereka. Meskipun persentasenya tidak sebesar tipe kepribadian yang lain, INTP termasuk yang sulit menahan emosi saat menonton film.

Berbeda ketika menonton film, tipe INTP ini cenderung lebih mudah mengekspresikan kesedihan maupun emosi saat menonton film atau serial yang relate dengan kehidupan mereka.

INTJ

Saat dihadapkan pada kondisi yang menyedihkan di depan umum, INTJ akan cenderung menutupi perasaan tersebut. Mereka cenderung malu saat menangis.

Tipe intuisi dan berpikir ini cenderung merasa malu saat emosi mereka terlihat di depan umum. Mereka sangat kesal ketika kehilangan kendali dalam mengontrol emosi dan tangisan.

Meskipun tipe ini termasuk yang pemalu saat menangis di depan umum, tapi mereka tidak ragu mengeluarkan emosi dan air mata saat menonton film. Tipe ini termasuk kepribadian yang emosional saat menonton film.

Ini karena tipe INTJ memiliki rasa kasih sayang dan empati yang membuatnya dapat tenggelam dalam film atau karakter cerita yang mereka tonton. Mereka merasa film jadi satu cara mengekspresikan emosi secara nyaman.

ESFP

Tipe ESFP menjadi yang paling nyaman saat menangis di depan umum. Mereka melihat tangisan sebagai bentuk respon alami manusia dalam mengekspresikan rasa sedih. Untuk itu, mereka menganggap menangis di depan banyak orang bukan hal yang perlu diributkan.

Tak hanya tidak malu menangis di depan umum, tipe ESFP juga tidak malu mengekspresikan perasaannya saat menonton film atau serial drama. Mereka sangat peka terhadap diri sendiri dan mampu memposisikan sebagai karakter dalam film tersebut.

Mereka cenderung terbawa alur dengan membayangkan diri mereka dalam karakter yang ditampilkan di layer. Ketika karakter dalam film mengalami suatu hal seperti pengalaman mereka, tipe MBTI ini akan langsung merasa masuk dalam karakter tersebut karena merasa relate dengan keadaannya.

ENFP

Tipe MBTI ENFP lebih mudah untuk menangis tanpa khawatir tentang penilaian orang terhadap mereka. Tipe ENFP ini termasuk ke ekstrovert yang memiliki preferensi perasaan yang lebih dalam.

Tipe ini memiliki rasa nyaman saat mengekspresikan tangisan mereka kepada orang lain. Begitu pula saat menonton film.

Orang-orang dengan tipe feeling memiliki karakter yang lebih mudah menangis saat menonton film. Tipe ini akan lebih mudah terhubung dengan adegan film yang emosional.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tipe #mbti #menyalurkan #perasaan #lewat #menangis #tipe #jadi #paling #malu #saat #menangis

KOMENTAR